alexametrics

Kapal Wisata dan Penyeberangan Danau Toba di Simalungun Tak Layak Beroperasi

loading...
Kapal Wisata dan Penyeberangan Danau Toba di Simalungun Tak Layak Beroperasi
Salah satu kapal wisata melintasi perairan Danau Toba di Parapat, Simalungun. Foto/Ricky Hutapea
A+ A-
SIMALUNGUN - Sebagian besar kapal wisata dan penyeberangan di Danau Toba Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara tidak layak beroperasi karena seluruh persyaratan keselamatan pelayaran tidak dipenuhi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Simalungun, Ramadani Purba mengatakan, dari 70 kapal wisata dan penyeberangan yang terdata pihaknya, hampir seluruhnya tidak layak beroperasi.

“Dari 70 unit kapal wisata dan penyeberangan yang terdata Dinas Perhubungan Pemkab Simalungun, hampir seluruhnya tidak layak untuk beroperasi sebenarnya. Karena tidak memenuhi persyaratan keselamatan pelayaran,” ujar Ramadani, Senin (2/7/2018).



Ramadani mengatakan, sebagian besar kapal wisata dan pelayaran tidak memiliki jalur evakuasi yang sudah ditentukan. Kemudian tidak punya jaket pelampung yang disediakan tidak sesuai dengan kapasitas penumpang. Dan tidak menggunakan tiket bagi penumpangnya.

Saat ini, Dinas Perhubungan Simalungun masih menunggu hasil pemeriksaan kelayakan kapal wisata dan penyeberrangan yang dilakukan Kementerian Perhubungan. Kemudian dilakukan penertiban bagi yang dinyatakan tidak layak beroperasi.

“Bila hasil pemeriksaan Kementerian Perhubungan sudah disampaikan kepada Dinas Perhubungan Pemkab Simalungun, kapal yang dinyatakan tidak layak beroperasi akan ditertibkan,” sebut Ramadani.

Anggota DPRD Simalungun Mansur Purba mendukung dilakukannya penertiban terhadap kapal wisata dan penyeberangan yang tidak layak beroperasi sehingga kejadian yang menimpa KM Sinar Bangun tidak terulang lagi.

Di samping itu, kata Mansur, untuk mendukung Danau Toba sebagai tujuan wisata nasional sudah seharusnya keselamatan wisatawan menggunakan kapal wisata dan penyeberangan dijamin.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak