Peringatan Dini BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Flores

Jum'at, 09 Februari 2024 - 13:32 WIB
loading...
Peringatan Dini BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Flores
Nelayan berlayar dan masyarakat diimbau lebih waspada adanya gelombang tinggi di perairan laut Flores. Foto/SINDOnews
A A A
MANGGARAI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk untuk wilayah Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), selama 3 hari ke depan.

Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega-Manggarai Irmawan memprakirakan, wilayah Manggarai selama 9-11 Februari 2024 umumnya berawan dan berpotensi turun hujan siang hingga sore dan malam hari.

“Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang disertai petir yang terjadi pada siang hingga malam hari,” ungkap Irmawan dalam keterangannya, Jumat (9/2/2024).



Irmawan lebih lanjut mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi saat beraktivitas di tengah laut, terutama di wilayah Perairan Flores.

Pihaknya memprakirakan tinggi gelombang di wilayah Perairan Utara Flores bisa mencapai 2,5 meter, mulai besok Sabtu (10/2/2024) sampai Minggu (11/2/2024).

“Waspada tinggi gelombang laut yang bisa mencapai 2,5 meter di Perairan Utara Flores. Angin bertiup dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan dapat mencapai 36 km/jam,” ujarnya.



Kondisi ini disebabkan oleh adanya daerah tekanan rendah di bagian tenggara wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Massa udara basah terkonsentrasi lapisan ketinggian hingga 500 mb (5.890 m).

Selain itu, suhu permukaan laut di wilayah Manggarai berkisar antara 26-31 derajat Celcius. Kondisi ini memungkinkan terjadinya tingkat penguapan air laut yang tinggi.

Irmawan mengimbau agar masyarakat dapat mengantisipasi dampak buruk yang dapat terjadi. ”Manfaatkan informasi cuaca untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian dalam pencegahan/pengurangan risiko bencana hidrometeorologi,” tutupnya
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3024 seconds (0.1#10.140)