alexametrics

DPRD Dukung Pemda DIY Promosikan Produk Ekonomi Rakyat

loading...
DPRD Dukung Pemda DIY Promosikan Produk Ekonomi Rakyat
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto (kanan) bersama koleganya mengunjungi stan UMKM DIY di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ). FOTO/IST
A+ A-
JAKARTA - DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengapresiasi upaya pemerintah daerah (pemda) yang membantu mempromosikan produk usaha kecil menangan (UKM) di tingkat nasional. Legislator berharap pelaku UKM juga diberikan pelatihan keterampilan dan marketing.

"Kami berharap Pemda intensif memberikan pelatihan ketrampilan dan marketing. Perlu segera berkoordinasi dengan Dinas Kominfo agar bisa membantu produsen, pelaku UMKM," kata Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Minggu (1/7/2018). Eko bersama Wakil Ketua Komisi A DPRD DIY Sukarman, Sekretaris Komisi A DPRD DIY Agus Sumartono, dan Kepala Kantor Perwakilan Daerah (Kaperda) DIY Nugrahaningsih, Sabtu (30/6/2018) sore, baru saja mengunjungi PRJ.

Menurut Eko, pelaku UMKM DIY seperti perajin batik, perak, makanan, dan pedagang produk pertanian perlu mendapatkan fasilitas pelatihan pemanfaatan information technology (IT) untuk meningkatkan produksi dan pemasaran.



Dalam kesempatan itu, pimpinan Komisi A DPRD DIY berbincang dengan para pelaku UMKM yang ikut dalam pameran dan pembeli produk yang dipasarkan. "Kita ingin mengajak pelaku usaha berlatih dan bekerja semakin keras. Termasuk harapan agar pemda melalui BPD DIY memberikan bantuan permodalan dengan mudah, selain bantuan peralatan oleh Pemda," kata Eko yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY.

DPRD mendukung pemda mempromosikan produk-produk UMKM DIY melalui PRJ. Sebab targetnya jelas, agar masyarakat Indonesia dan dunia bisa mengenal lebih dekat produk-produk kerajinan dan pertanian DIY sehingga bisa melakukan pemesanan jarak jauh.

Setelah menyerap aspirasi dari para pelaku UMKM, Eko yang merupakan legislator dari daerah pemilihan (dapil) Kota Yogyakarta ini membeli beberapa produk di antaranya gula semut, jahe bubuk, tas tangan bermotif batik serta berbagai produk lainnya.

Fariesha Rani, produsen tas dan sepatu rajut mengaku senang mendapatkan kesempatan ikut pameran di PRJ. "Terima kasih pemda dan DPRD mempromosikan produk kami. Kita harapkan program ini bisa diteruskan dan pemda melakukan pemberdayaan bagi pelaku usaha ekonomi rakyat," ujarnya.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak