Rektor Ungkap Kriteria Prestasi untuk Lolos SNBP 2024 di Unair

Jum'at, 09 Februari 2024 - 11:38 WIB
loading...
Rektor Ungkap Kriteria Prestasi untuk Lolos SNBP 2024 di Unair
Rektor Unair Prof M Nasih mengungkapkan apa kriteria prestasi untuk bisa lolos SNBP di kampusnya. Foto/Masdarul Khoiri.
A A A
JAKARTA - Rektor Unair Prof Mohammad Nasih mengungkapkan apa kriteria prestasi untuk bisa lolos SNBP di kampusnya. Calon mahasiswa baru (camaba) harap perhatikan info ini ya.

Universitas Airlangga (Unair membuka formasi 9.900 calon mahasiswa untuk menjadi Ksatria Airlangga di jurusan diploma D3 dan D4 dan sarjana (S1) yang tersebar di 64 program studi yang tidak hanya sebagian besar berakreditasi Unggul namun juga terakreditasi internasional.

Kriteria Prestasi SNBP Unair


Pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), selain syarat menjadi siswa eligible, prestasi siswa menjadi salah satu penilaian pada jalur prestasi nasional ini.

Baca juga: Prediksi Rata-rata Nilai Rapor untuk Masuk Unair Jalur SNBP 2024, Simak Angkanya

Menurut pakar ekonomi syariah ini, beberapa kriteria yang dapat diajukan sebagai prestasi di SNBP adalah penyelenggara lomba menjadi salah salah satu penilaian.

Rektor yang menjabat sejak 2015 ini menilai, prestasi bertaraf internasional dan nasional akan menjadi nilai plus bagi calon mahasiswa di SNBP. Raihan juara juga menjadi faktor, apakah juara utama atau juara 1 hingga juara 3.

Unair Tidak Menerapkan Kuota Khusus


Prof Nasih menegaskan, Unair tidak memiliki kuota khusus untuk SMA/MA dan SMK terbaik untuk dapat lolos pada seleksi perguruan tinggi. Ia melanjutkan, semuanya akan melalui seleksi yang sama melalui prestasi dan keunggulan dari calon mahasiswa yang mendaftar.

Baca juga: Ini Jurusan Paling Ketat di Unair untuk Panduan SNBP dan SNBT 2024, Persaingannya Tinggi!

Ia menambahkan, semua sekolah akan melewati proses seleksi yang sama. Setiap tahunnya akan selalu ada perubahan pada jumlah siswa yang diterima di tiap SMA/MA. Hal ini sebagai wujud Unair yang transparan. “Banyaknya siswa yang diterima itu berfaktor pada mekanisme pasar, perubahan akan terus terjadi tidak ada kuota khusus,” kata Prof Nasih.

Tingkat Keketatan


Dengan kualitas yang diberikan oleh Unair tentunya peminat dari Unair tiap tahunnya kian menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.
Peningkatan peminat tersebut menjadi kekhawatiran bagi sejumlah guru dan calon mahasiswa baru. Pasalnya, sebagian besar mereka menganggap bahwa sulit untuk berhasil di Unair

Prof Nasih menerangkan, perihal keketatan prodi pada SNBP tidak dapat diprediksi. Ia mengatakan, setiap tahunnya prodi di kampusnya selalu mengalami perubahan, perubahan tersebut didasari oleh tingginya peminat dari prodi yang terus berubah-ubah tidak ada acuan yang pasti untuk keketatan prodi.

“Sebagai contoh, di tahun lalu prodi A lebih ketat daripada prodi B, di tahun ini bisa saja terbalik. Hal ini memang diluar kendali, selain berusaha dengan keras tak lupa untuk ikhtiar agar dapat memperoleh hasil yang diinginkan,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)