Diguyur Hujan selama 3 Hari, Ratusan Hektar Sawah di Bojonegoro Terendam Banjir

Jum'at, 09 Februari 2024 - 10:10 WIB
loading...
Diguyur Hujan selama 3 Hari, Ratusan Hektar Sawah di Bojonegoro Terendam Banjir
Ratusan hektar sawah di Bojonegoro terendam banjir akibat luapan sungai dan saluran irigasi. Foto/Ist
A A A
BOJONEGORO - Para petani di Kabupaten Bojonegoro harus menghadapi kenyataan pahit ketika ratusan hektar sawah mereka terendam banjir akibat luapan sungai dan saluran irigasi. Kejadian ini terjadi di Dusun Poluju Desa Kecamatan Baureno, dengan durasi tiga hari sejak Selasa (6/2/2024).

Para petani yang menyaksikan sawah-sawah mereka terendam banjir hanya bisa pasrah menghadapi derasnya arus air yang tidak bisa mereka kendalikan. "Airnya deras sekali, kemungkinan kecil tanaman bisa selamat," ungkap Sujarno, salah seorang petani setempat pada Jumat (9/2/2024).

Menurut data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, terdapat setidaknya 740 hektar lahan pertanian yang mayoritas ditanami padi terendam banjir. Lahan-lahan pertanian yang terkena dampak ini tersebar di 9 desa dari 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Balen, Kapas, Kota Bojonegoro, dan Kecamatan Baureno. Tanaman padi yang terendam banjir memiliki usia antara 50 hari hingga 3 bulan.



Kepala BPBD Bojonegoro, Ardhian Orianto, menjelaskan bahwa banjir disebabkan oleh luapan sejumlah sungai dan saluran irigasi yang berlangsung selama tiga hari sebelumnya. "Tinggi muka air Bengawan Solo sedang tinggi, sehingga air dari sejumlah anak sungai tidak bisa masuk," terangnya.

Saat ini, meskipun banjir mulai surut setelah debit air Sungai Bengawan Solo menurun, petugas masih melakukan penilaian terhadap dampak yang ditimbulkan. Salah satu dampak yang sangat mungkin adalah gagal panen bagi tanaman padi yang terendam banjir.

Pihak berwenang masih menghitung kerugian yang dialami oleh para petani akibat bencana ini. Dengan demikian, situasi ini menandai tantangan besar bagi para petani Bojonegoro yang harus bangkit kembali dari musibah yang menimpa pertanian mereka.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)