alexametrics

LSI Denny JA-Hitung Cepat KPU, Tampilkan Kemampuan HDMY Mendulang di Lumbung Suara

loading...
LSI Denny JA-Hitung Cepat KPU, Tampilkan Kemampuan HDMY Mendulang di Lumbung Suara
Mengutip hitung cepat KPU, perolehan suara pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya (HDMY) semakin tinggi meninggalkan pasangan calon lainnya. SINDOnews/Berli Zulkanedi
A+ A-
PALEMBANG - Mengutip hitung cepat KPU, perolehan suara pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya (HDMY) semakin tinggi meninggalkan pasangan calon lainnya.

Dikutip dari infopemilu.kpu.go.id pada pukul 16.30WIB, Kamis (28/6/2018), HDMY telah unggul di angka 36,26%. Sementara paslon Dodi-Giri masih berada  di 32,19%, diikuti Ishak – Yudha 20,89% dan Aswari – Irwansyah 10,66%.



Yang menarik dan hampir sama dengan hasil quick count LSI Network Denny JA, HMDY dan Dodi-Giri sama-sama mampu menang di wilayah masing-masing (basic massa). Namun perbedaannya, pasangan HDMY yang diusung Nasdem, Hanura, dan PAN mampu mendulang secara maksimal suara di wilayahnya.

Seperti di OKU Timur, Deru mampu mendulang suara secara maksimal hingga 79,25%. Angka ini menunjukkan, masyarakat OKU Timur masih mencintai mantan bupatinya itu.

Selain OKUT, Paslon HDMY juga konsisten meraup suara di daerah “mereka”. Sebut saja OKU Selatan HDMY 56,25% dan Dodi 8,42%. Kemudian OI (Mawardi mantan Bupati OI) 40,30% dan Dodi hanya 27,49%. Lalu Prabumulih yang sebelumnya dipimpin adik Kandung Mawardi, Ridho Yahya, HDMY meraup 56,00% dan Dodi 21,95%.

Di Kabupaten OKI, Deru memang bukan peraih suara terbanyak karena ada mantan bupati-nya, Ishak Mekki yang juga Cagub. Namun Deru tetap lebih besar dengan perolehan  30,51% dan Dodi di 11,30%. Kemudian Kota Palembang yang memang perebutan seluruh paslon untuk menang karena DPT-nya yang tinggi, HDMY mampu menarik simpati pemilih di ibu kota provinsi ini dengan persentase 38,25% meninggalkan Dodi di 28,71%.

Masih menurut hitung cepat KPU, pasangan HDMY seperti memang harus merelakan tidak  menjadi peraih suara terbanyak di beberapa kabupaten dan kota di wilayah Musi (Muratara, Mura, Muba dan Banyuasin) dan Basema (Pagaralam, Empat Lawang dan Lahat). Namun begitu, HDMY tetap mendapatkan suara cukup signifikan yang membuat perolehan suaranya secara umum lebih unggul.

Apalagi di Musi Banyuasin, kabupaten yang dipimpinnya walaupun unggul namun Dodi hanya menguasai 61,45% dan Deru diperingkat kedua kebagian 20,27%. “Deru mampu menggerakan basic massa-nya ke TPS untuk memilihnya. Terbukti di OKU Timur mencapai 79,25%. Hanya menyisahkan sekitar 20% untuk tiga paslon lainnya,” kata Miftah Khairi Amrillah, Peneliti LSI Network Denny JA di Palembang.

Menanggapi kemenangan sementara versih quick count sejumlah lembaga survei dan juga mengutip hitung cepat KPU, karangan bunga ucapan selamat atas kemenangan Herman Deru – Mawardi Yahya berdatangan dan menghiasai jalan dan lorong di sekitar rumah pribadi Herman Deru di kawasan Taman Kenten Palembang.

Sejak pagi sekitar pukul 07.00WIB, karangan bunga sudah terlihat berjejer. Terpantau juga mobil pick-up berdatangan untuk memasang karangan bunga hingga siang menjelang sore, Kamis (28/6/2018).
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak