5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi saat Imlek, Bisa Bikin Sial

Rabu, 07 Februari 2024 - 22:20 WIB
loading...
5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi saat Imlek, Bisa Bikin Sial
Selama perayaan Imlek, terdapat beberapa makanan yang dianggap tidak boleh dikonsumsi. Hal ini bisa bervariasi berdasarkan masing-masing budaya, keyakinan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Selama perayaan Imlek , terdapat beberapa makanan yang dianggap tidak boleh dikonsumsi atau dihindari oleh sebagian orang. Hal ini bisa bervariasi berdasarkan masing-masing budaya, keyakinan, atau tradisi masyarakat Tionghoa.

Meski terasa enak, makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat Imlek ini dipercaya bisa membawakan kesialan atau bahkan malapetaka di tahun mendatang. Sehingga banyak yang memilih untuk tidak menyajikan makanan tersebut ketika perayaan.

Beberapa orang mungkin menganggapnya sebagai bagian dari tradisi dan mengikuti aturan tersebut dengan ketat. Sementara yang lain menganggapnya sebagai mitos atau kepercayaan yang tidak relevan.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi saat Imlek



Berikut adalah beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat Imlek dirangkum dari akun TikTok @yukmakan.com, Rabu (7/2/2024).



5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi saat Imlek, Bisa Bikin Sial

Foto/Infografis SINDOnews

1. Makanan Berwarna Putih


Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, makanan yang berwarna putih dianggap sebagai simbol dari kematian. Sehingga dalam suka citanya perayaan Imlek, makan-makanan berwarna putih tidak boleh disajikan karena takut membawa kesialan atau berita duka.

2. Bubur


Meskipun bubur menjadi salah satu makanan yang populer di Indonesia, akan tetapi mengonsumsi bubur saat Tahun Baru Imlek dipercaya akan membawa kemiskinan. Hal ini dikarenakan menurut kepercayaan Tionghoa, bubur memiliki warna yang putih pucat sehingga disimbolkan dengan kemiskinan dan membawa kesialan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)