2 Bom Meledak Jelang Pesta Demokrasi di Pakistan

Rabu, 07 Februari 2024 - 19:01 WIB
loading...
2 Bom Meledak Jelang Pesta Demokrasi di Pakistan
Pakistan menggelar pesta demokrasi paling mematikan di dunia. Foto/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Dua ledakan di dekat kantor kandidat pemilu di provinsi Balochistan, Pakistan barat daya, menewaskan 24 orang dan melukai puluhan lainnya pada Rabu (7/2/2024). Itu meningkatkan kekhawatiran atas keamanan menjelang pemungutan suara pada Kamis (8/2/2024).

Warga Pakistan pergi ke tempat pemungutan suara di tengah meningkatnya serangan gerilyawan dalam beberapa bulan terakhir dan dipenjaranya Imran Khan, pemenang pemilu nasional terakhir, yang mendominasi berita utama meskipun krisis ekonomi dan kesengsaraan lain mengancam negara yang mempunyai senjata nuklir itu.

Pihak berwenang mengatakan mereka meningkatkan keamanan di tempat pemungutan suara.

Serangan pertama, yang menewaskan 14 orang, terjadi di kantor kandidat pemilu independen di distrik Pishin. Ledakan kedua di Qilla Saifullah, sebuah kota dekat perbatasan Afghanistan, meledak di dekat kantor Jamiat Ulema Islam (JUI), sebuah partai keagamaan yang sebelumnya menjadi sasaran serangan gerilyawan dan setidaknya 10 orang tewas.

Belum jelas siapa yang berada di balik serangan tersebut. Beberapa kelompok, termasuk militan Islam Taliban Pakistan dan kelompok separatis dari Balochistan, menentang negara Pakistan dan telah melakukan serangan dalam beberapa bulan terakhir.

“KPU telah meminta sekretaris ketua dan inspektur jenderal Balochistan untuk segera melaporkan dan menginstruksikan mereka untuk mengambil tindakan terhadap orang-orang di balik kejadian tersebut,” kata juru bicara Komisi Pemilihan Umum dalam sebuah pernyataan, dilansir Reuters.

Rumah Sakit Khanzai, dekat lokasi ledakan di Pishin, menyebutkan jumlah korban tewas sebanyak 14 orang dan lebih dari dua lusin orang terluka. Wakil komisaris distrik Pishin, Jumma Dad Khan, mengatakan ledakan tersebut telah melukai banyak orang.



Serangan tersebut terjadi ketika partai-partai politik menyelesaikan kampanye mereka di masa tenang yang diamanatkan oleh peraturan pemilu sehari sebelum pemilu.

Mantan perdana menteri Pakistan yang dipenjara, Khan, sebelumnya mendesak para pendukungnya untuk menunggu di luar tempat pemungutan suara setelah memberikan suara mereka, ketika partai-partai politik saingannya mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menandai berakhirnya masa kampanye pemilu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1928 seconds (0.1#10.140)