Survei LKPI Sebut Elektabilitas Ganjar Pranowo Tergerus Kasus e-KTP

Senin, 25 Juni 2018 - 23:03 WIB
Survei LKPI Sebut Elektabilitas Ganjar Pranowo Tergerus Kasus e-KTP
Survei LKPI Sebut Elektabilitas Ganjar Pranowo Tergerus Kasus e-KTP
A A A
SEMARANG - Mendekati coblosan Pilgub Jawa Tengah 2018, elektabilitas pasangan calon gubernur-wakil gubernur nomor 2, Sudirman Said-Ida Fauziyah berhasil mengungguli paslon nomor urut 1, Ganjar Pranowo-Taj Yasin.

Dalam temuan dan hasil survei dari Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) menyebutkan, tingkat elektabilitas Sudirman-Ida mencapai 44.9 %, sedangkan Ganjar-Yasin 38.7 %.

Direktur Eksekutif LKPI Region Jawa Tengah, Onesimus Hihika mengungkapkan keunggulan elektabilitas Sudirman-Ida tersebut berdasar survei yang dilakukan terhadap 1.245 responden yang diambil dari populasi DPT Pilgub Jateng sebanyak 27.068.125 pemilih. Menurutnya, metode pemilihan responden dilakukan dengan metode multistage random sampling. Untuk tingkat kepercayaan 95% dengan margin of error +/- 2,78%.

“Dari hasil survei tersebut, diperoleh bahwa tingkat elektabilitas Sudirman-Ida mengungguli Ganjar-Yasin. Untuk responden yang menyatakan tidak memilih mencapai 16.4%,” sebut Onesimus Hihika di Semarang, Minggu sore 24 Juni 2018.

Dia mengungkapkan, ada dua hal pokok yang membuat paslon Sudirman-Ida unggul atas pasangan Ganjar-Yasin dalam temuan survei LKPI.

“Pertama, kasus dugaan korupsi e-KTP yang menimpa Ganjar Pranowo. Kasus ini telah menggerus elektabilitas pasangan Ganjar-Yasin, terutama dalam dua bulan terakhir ini,” bebernya.

Selain itu, faktor lainnya adalah penangkapan beberapa kepala daerah yang berasal dari PDI Perjuangan sebagai partai pengusung utama Ganjar-Yasin, khususnya kabupaten Purbalingga membuat kepercayaan masyarakat terhadap partai tersebut menurun.

“Kedua, kebangkitan politik Islam (politik identitas). Tak dapat dipungkiri eskalasi politik nasional juga terasa di Jateng. Hal ini diperkuat dengan seruan dari PBNU melalui ketua umumnya yang menyerukan kepada seluruh pengurus dan warga Nahdliyin untuk bekerja dan memenangkan pasangan Sudirman-Ida,” pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.0940 seconds (0.1#10.140)