Kebakaran Lahan Kosong Ganggu Pemudik di Tol Cipali

Sabtu, 23 Juni 2018 - 16:40 WIB
Kebakaran Lahan Kosong Ganggu Pemudik di Tol Cipali
Kebakaran Lahan Kosong Ganggu Pemudik di Tol Cipali
A A A
CIREBON - Kebakaran hebat terjadi di lahan kosong yang terletak di antara jalur tengah Bandung dan Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (23/6/2018) siang. Kepulan asap akibat kebakaran sempat mengganggu para pemudik yang melintas di jalur tengah Bandung dan Tol Cipali.

Berdasarkan pentauan di lapangan, lahan kosong yang terbakar berada di pinggir jalur tengah Bandung, masuk wilayah Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon. Lahan kosong itu banyak ditumbuhi ilalang dan rumput kering sehingga mudah terbakar jika terkena percikan api.

Dari keterangan saksi, kebakaran dipicu oleh ulah warga yang membakar sampah tak jauh dari lahan kosong tersebut. Tiupan angin yang cukup kencang menyebabkan api menyambar ilalang dan rumput kering. Akibat api terus merembet dan membesar melahap tumbuhan di lahan kosong.

Asap akibat kebakaran cukup pekat, mengganggu pandangan Pengendara yang melintas di jalur tengah Bandung. Angin juga membawa asap tersebut hingga ke Tol Cipali dan mengganggu pandangan mata para pemudik yang melintas.

Petugas pemadam kebakaran (damkar) dari Pos Jaga Weru dan Palimanan langsung ke lokasi untuk memadamkan api. Namun karena cukup besar, dibutuhkan upaya selama hampir satu jam agar api bisa dijinakkan. "Kami mengerahkan dua unit kendaraan pamadam guna mempercepat proses pemadaman," kata petugas Damkar Pos Jaga Weru, Awang, Sabtu (23/6/2018).

Setelah berjibaku selama hampir satu jam, petugas akhirnya berhasil menjinakkan amukan si jago merah. Untuk mencegah terjadinya kebakaran susulan, petugas kemudian melakukan pendinginan di sekitar lokasi.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6744 seconds (0.1#10.140)