LSI Denny JA Sebut Ada Migrasi Suara Sudirman Said ke Ganjar

Kamis, 21 Juni 2018 - 17:17 WIB
LSI Denny JA Sebut Ada Migrasi Suara Sudirman Said ke Ganjar
LSI Denny JA Sebut Ada Migrasi Suara Sudirman Said ke Ganjar
A A A
SEMARANG - Seminggu menjelang pelaksanaan coblosan Pilgub Jateng 2018, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis data elektabilitas pasangan calon (Paslon) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Taj Yasin makin tak terbendung. Direktur LSKP LSI Denny JA, Sunarto Ciptoharjono mengatakan, pihaknya telah melakukan survei kepada 440 responden dengan wawancara tatap muka yang menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo masih unggul atas kompetitornya Sudirman Said.

"Hasil survei pada April, tingkat elektabilitas Ganjar-Yasin yakni 50,3%, namun pada Juni meningkat menjadi 54,0%. Sedangkan Sudirman said-Ida Fauziyah pada April elektabilitasnya 10,5%, sedangkan pada Juni meningkat 13,0%. Pada April, untuk yang tak menjawab ada 39,2% dan Juni 33,0%," ungkap Sunarto dalam jumpa pers di Hotel Grand Candi, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (21/6/2018).

Dia menyatakan, hampir mustahil Sudirman Said-Ida akan bisa mengejar pasangan nomor urut 1, Ganjar Pranowo-Taj Yasin. "Di akhir-akhir masa kampanye dan menjelang pencoblosan saat ini, hampir mustahil Sudirman Said-Ida dapat menyusul elektabilitas Ganjar-Yasin," imbuhnya.

Yang menarik, LSI Denny JA membeberkan adanya migrasi suara dari tubuh partai pengusung Sudirman Said dan Ida Fauziyah ke Ganjar Pranowo dan Taj Yasin. "Dari pemilih grass root partai hanya Gerindra yang setia memilih Sudirman Said, PKS ini terbelah, PAN juga terbelah, sedangkan PKB pemilihnya berhasil dicuri oleh Ganjar Pranowo. Sementara partai pengusung Ganjar semua solid dan konsisten," ujar Sunarto.

Popularitas Ganjar Pranowo hampir mencapai 100%. Pengaruh kinerja pada kepemimpinan periode pertama juga cukup meyakinkan masyarakat. "Ganjar mempunyai popularitas 96,6% masyarakat mengenal Ganjar. Sudirman hanya 63,9% saja. Ditambah kepuasan kinerja periode kemarin mencapai 71%, dan berpotensi bisa dipilih lagi," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5910 seconds (0.1#10.140)