Keteladanan Maria Jochu, Raih Beasiswa LPDP ke AS dan Kembali ke Papua Jadi Lurah

Senin, 05 Februari 2024 - 20:14 WIB
loading...
Keteladanan Maria Jochu, Raih Beasiswa LPDP ke AS dan Kembali ke Papua Jadi Lurah
Keteladanan Maria Aprilia Jochu menjadi kisah yang inspiratif yang menyentuh bagi banyak orang. Foto/Istimewa
A A A
PAPUA - Keteladanan Maria Aprilia Jochu menjadi kisah yang inspiratif yang menyentuh bagi banyak orang. Dia berhasil meraih beasiswa LPDP berkuliah di luar negeri dan kembali ke tanah air menjadi Lurah Gurabesi, Jayapura, Papua.

Perjalanan Maria Jochu mendapatkan beasiswa LPDP dan berkuliah di luar negeri tidaklah mudah. Setelah berhasil, dirinya tidak lupa dengan tanah air dan kini berbakti untuk bangsa menjadi Lurah Gurabesi.

Maria Jochu, putri Papua lahir menjadi permata yang muncul dengan gelar masternya. Bukan sekadar gelar, dia berhasil mendapatkannya dari Marshall University di Amerika melalui beasiswa LPDP.



Prestasi ini sekaligus membuktikan bahwa putra putri Papua juga bisa mendapat pendidikan dan berkontribusi bagi negeri. Lahir dari keluarga sederhana membuat Maria dididik untuk menjadi sederhana, pun dengan pendidikannya.

“Bapak saya kan cuma pegawai negeri, mama ibu rumah tangga, secara ekonomi tidak bisa membiayai saya,” jelas anak bungsu dari 8 bersaudara ini dikutip dari Media Keuangan Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (30/1/2024).

Walaupun keadaan menghalangi, Maria tetap mencari cara bagaimana untuk tetap mendapat pendidikan yang layak namun juga tidak memberatkan ekonomi orangtuanya. Dia melanjutkan pendidikan di Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN).

“Kalau IPDN kan gratis, dibiayai negara, jadi mereka nggak pusing (biaya),” kata Maria. Setelah lulus dan bekerja di pemerintahan, Maria malah semakin penasaran. Ketika pengabdiannya baru seumur jagung, Maria nekat untuk bisa berkuliah lagi untuk gelar master.



Dengan tekun, dia mencari program beasiswa sambil mengumpulkan dana untuk mengikuti berbagai kursus. Akhirnya, dia menemukan informasi tentang program LPDP dan memutuskan untuk mencoba peruntungannya.

Keberuntungan senantiasa menyertai Maria, dan berhasil diterima di Marshall University, West Virginia, Amerika Serikat, mengambil jurusan Sumber Daya Manusia. Setelah meraih gelarnya, lulusan LPDP ini menjadi sorotan banyak perusahaan, baik di dalam maupun luar negeri.

Namun, dengan tulus, Maria memilih untuk kembali ke tanah kelahirannya, Papua. Maria merasa masih banyak hal yang harus diperbaiki di tanah kelahirannya.

Keputusannya menunjukkan kesetiaannya untuk memberikan kontribusi positif bagi daerahnya sendiri, menginspirasi banyak orang untuk meneruskan semangat berprestasi di tanah Papua.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)