Survei Indo Barometer Ungkap Pilkada Sumut Bakal Ketat

Rabu, 20 Juni 2018 - 20:49 WIB
Survei Indo Barometer Ungkap Pilkada Sumut Bakal Ketat
Survei Indo Barometer Ungkap Pilkada Sumut Bakal Ketat
A A A
JAKARTA - Hasil Survei Lembaga Indo Barometer menyebutkan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Djarot Saiful Hidayat-Sihar P H Sitorus (Djoss) unggul tipis atas pesaingnya Eddy Rahmayadi-Musa Rajeksah (Eramas).

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari mengatakan, baik paslon Djarot-Sihar (Djoss) dan Edy-Musa (Eramas) dalam survei mengalami tren kenaikan elektabilitas sekitar 11 persen dari Survei pada Bulan Februari 2018.

Sebelumnya paslon Djoss memperoleh suara 26 persen, dalam survei kali ini naik menjadi 37,8 persen. Sementara Paslon Eramas, pada Bulan Februari 2018 yang lalu memperoleh suara sebesar 25,8 persen, sekarang tren nya mengalami kenaikan sebesar 36,9 persen.

Kata Qodari, dari keduanya masih terus bersaing ketat dalam menaikkan elektabilitas. Meskipun Paslon Djoss masih unggul tipis atas Paslon Eramas.

"Ini kenaikannya mepet sekali, sama-sama 11%. Ini ibaratnya pertandingan (Piala Dunia 2018) Spanyol melawan Portugal, ketat sekali balas-balasan," Kata Qodari, di Hotel Harris FX Sudirman, Jakarta, Rabu (20/6/2018).

Tak hanya itu, sebut Qodari masih ada angka 25,4 persen pemilih yang tidak menandai apapun di surat suara dalam survei tersebut. Jika angka tersebut di skenario kan dengan di distribusikan secara proporsional maka Paslon Djoss akan menang tipis dengan perolehan suara 50,5 persen.

Sementara, paslon Eramas menjadi 49,6 persen. "Tapi tipis sekali, dan kalo tipisnya begini quick count tidak bisa menentukan. Harus berdasarkan perhitungan manual dari KPU," pungkasnya.

Survei Pilkada Sumut ini dilaksanakan pada 26 Mei-2 Juni 2018. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan 800 responden. Margin of error lebih kurang 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Adapun teknik pengumpulan data, wawancara tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5554 seconds (0.1#10.140)