Calon Mahasiswa, Ini 3 Program Studi Baru di ITB Kampus Cirebon

Senin, 05 Februari 2024 - 13:35 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Ini  3 Program Studi Baru di ITB Kampus Cirebon
Institut Teknologi Bandung (ITB) Kampus Cirebon membuka tiga program studi baru. Foto/ITB.
A A A
JAKARTA - ITB Kampus Cirebon membuka tiga program studi baru jenjang sarjana untuk Tahun Akademik 2024/2025.Ini jurusan kuliah untuk jenjang Sarjana (S1).

Ketiga prodi baru di Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut yaitu Biologi dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), Kewirausahaan dari Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), dan Desain Produk dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).

Pembukaan prodi tersebut sebagai bagian dari upaya memperluas cakupan kesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan dampak ITB bagi masyarakat.

Baca juga: Jadi Sorotan dan Ditolak Mahasiswa, Begini Skema Pembayaran UKT Kuliah dengan Pinjol di ITB

Pembukaan prodi baru di ITB Kampus Cirebon berdasarkan pada rencana pengembangan ITB multikampus. Per empat tahun, akan dibuka prodi baru.

Direktur ITB Kampus Cirebon, Dr. Ir. Iwan Kustiawan mengatakan, program studi yang dibuka di kampus Cirebon memiliki keunikan tersendiri terutama relevansinya terhadap lingkungan tempat kampus Cirebon berada.

Misalnya Biologi bisa berfokus ke biologi perairan, Desain Produk terkait potensi lokal seperti furnitur khas Cirebon, dan hal itu akan didukung dengan Kewirausahaan dari SBM

“Kita memberikan layanan yang sama (untuk mahasiswa di kampus Ganesha, Jatinangor, dan Jakarta), begitu pun dengan kurikulumnya. Adapun kelebihannya (di kampus Cirebon) adanya kekhasan terkait ke wilayah,” katanya, dikutip dari laman ITB, Senin (5/2/2024).

Baca juga: Mau Kuliah Gratis di ITB? Daftar Saja 3 Beasiswa Keren Berikut Ini

Sejak dibuka pada tahun Akademik 2016/2017, ITB Kampus Cirebon memiliki empat prodi sarjana, yakni Teknik Industri dari FTI, Perencanaan Wilayah dan Kota dari SAPPK, Kriya dari FSRD, dan Teknik Geofisika dari FTTM. Kemudian bertambah dengan dibukanya S1 Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, dan Oseanografi dari FITB.

Dengan adanya prodi baru, ITB Kampus Cirebon telah melakukan berbagai persiapan salah satunya melakukan pembangunan sarana dan prasarana akademik.

Adapun untuk penerimaan mahasiswa baru prodi baru tersebut sudah mulai berjalan. Berbagai informasi jalur seleksi masuk ITB dapat diakses di https://admission.itb.ac.id/info/.

Mahasiswa yang kelak lolos dan diterima akan menjalani Tahap Persiapan Bersama (TPB) di ITB Kampus Jatinangor terlebih dahulu. Setelah itu, mahasiswa yang memilih berbagai prodi yang ada di kampus Cirebon akan melaksanakannya di kampus yang berlokasi di Arjawinangun tersebut.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3409 seconds (0.1#10.140)