Spesifikasi Cockerill® i-X, Kendaraan Tempur Tercepat di Dunia

Senin, 05 Februari 2024 - 12:04 WIB
loading...
Spesifikasi Cockerill® i-X, Kendaraan Tempur Tercepat di Dunia
Kendaraan tempur tercepat di dunia Cockerill® i-X tampil dalam ajang World Defense Show 2024 di Riyadh. (Foto: John Cockerill Defense)
A A A
JAKARTA - Teknologi militer semakin berkembang dengan kehadiran alutsista terbaru. Kali ini perusahaan Belgia, John Cockerill Defense menciptakan kendaraan tempur tercepat di dunia, Cockerill® i-X.

Hadir di ajang World Defense Show 2024 di Riyadh, Cockerill® i-X menarik perhatian para pengunjung. Kendaraan tempur ini mampu menyerang sasaran dengan kecepatan hingga 120 km/jam.

Sejatinya Cockerill® i-X telah diperkenalkan sejak dua tahun lalu, namun kini berkembang pesat, menetapkan standar baru dalam domain kendaraan tempur berlapis baja.

Dilansir dari Army Recognition, Senin (5/2/2024), Cockerill® i-X adalah hasil kolaborasi yang menggabungkan penguasaan sistem senjata John Cockerill Defense dengan teknik kinerja reli raid yang canggih. Gabungan strategis ini menghasilkan kendaraan yang berbeda dari desain kendaraan militer tradisional, membentuk paradigma baru dalam operasi perang darat .



Cockerill® i-X memiliki kemampuan beroperasi pada kecepatan tinggi di berbagai medan, lantaran difasilitasi oleh sistem penggerak termal atau hibrida termal-elektrik.

Konstruksi ringannya juga tidak mengorbankan kemampuan menyelinap lantaran dilengkapi teknologi kamuflase adaptif, bersama dengan modifikasi pada tanda inframerah dan akustiknya. Fitur-fitur canggih ini memastikan Cockerill® i-X tetap tidak terdeteksi oleh lawan dan meningkatkan daya tahan di medan pertempuran.

Di inti desainnya adalah integrasi teknologi fusi data multi-sensor, termasuk berbagai alat canggih seperti teknologi Smart Helmet, kecerdasan buatan onboard, kamera, dan berbagai sensor (Sistem Peringatan Laser, Deteksi Tembakan Akustik, dan Lokalisasi).

Baca Juga: Kia Motors Siap Perkenalkan Kendaraan Tempur Bertenaga Hidrogen

Integrasi ini memfasilitasi kesadaran medan perang dan kemampuan pengambilan keputusan yang komprehensif, memungkinkan kendaraan merespons secara efektif terhadap skenario pertempuran yang dinamis.

Cockerill® i-X dirancang untuk mendukung berbagai senjata, dapat disesuaikan dengan ancaman tertentu yang mungkin dihadapi. Kendaraan tempur ini dapat dilengkapi dengan meriam 25mm dan 30mm, misil, dan roket, menunjukkan kesiapannya untuk melibatkan berbagai sasaran.

Secara ringkas, Cockerill® i-X merupakan lompatan ke depan dalam teknologi militer, menawarkan kecepatan, penyamarataan, dan keberagaman yang tak tertandingi. Pengembangan dan desainnya menegaskan komitmen John Cockerill Defense terhadap inovasi dan kemampuan untuk mendefinisikan ulang kehebatan kendaraan tempur beroda pada abad ke-21.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)