alexametrics

Islam Aboge Banyumas Salat Idul Fitri 1439 H Hari Ini

loading...
Islam Aboge Banyumas Salat Idul Fitri 1439 H Hari Ini
Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H ternyata baru dilakukan ratusan penganut Islam Aboge di Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (16/6/2018) pagi. Foto/SINDOnews/Saladin Al Ayyubi
A+ A-
BANYUMAS - Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H ternyata baru dilakukan ratusan penganut Islam Aboge di Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (16/6/2018) pagi. Selain berbeda waktu satu hari dengan ketentuan pemerintah, tata cara peringatannya juga berbeda.

Saat pergi ke mushola, selain membawa perlengkapan salat, warga juga membawa bekal makanan. Usai Salat Ied, para penganut Islam Aboge ini beramai-ramai menggelar tasyakuran atau makan bersama.

Salat Idul Fitri umat Islam Aboge ini dilakukan di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah sabtu pagi. Ratusan umat Islam Aboge berbondong-bondong mendatangi Masjid Al Ikhlas sejak pukul 05.30 WIB pagi.



Ada yang berbeda dengan kebiasaan hari raya pada umumnya. Di sini, para ibu membawa rantang yang berisi nasi dan lauknya yang akan disantap bersama usai Salat Idul Fitri. Umat Islam Aboge ini melakukan Salat Idul Fitri berdasarkan perhitungan kalender Jawa, yaitu pasaran wage.

Aboge sendiri singkatan dari alif rebo wage, yaitu awal perhitungan nenek moyang mereka dahulu yang memulai Hari Raya Idul Fitri pada hari rebo wage. Menurut salah satu penganut Islam Aboge, Jamang Sudiworo, saat perhitungan penentuan 1 Syawal ini sudah turun temurun sejak beratus-ratus tahun yang lalu.

“Kami mempunyai hitungan sendiri dalam menentukan Idul Fitri berdasarkan perhitungan nenek moyang kami secara turun temurun,” ujar Jamang Sudiworo, Pimpinan Aboge.

Usai Salat Ied, umat Islam Aboge selanjutnya bersalam-salaman. Dalam hal bersalaman, antara kaum pria dan wanita bergabung menjadi satu. Acara selanjutnya adalah makan bersama dari rantang yang mereka bawa.

Aneka lauk pauk pun dihidangkan dan disantap beramai-ramai di dalam masjid. Acara halal bihalal ini diakhiri dengan menabuh petasan oleh warga aliran Aboge sebagai simbol kemenangan.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak