alexametrics

Ini Wujud Toleransi Umat Beragama di Kota Serang Saat Idul Fitri

loading...
Ini Wujud Toleransi Umat Beragama di Kota Serang Saat Idul Fitri
Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersama umat Kristiani membagikan alas dan kantong untuk umat Muslim yang akan melaksanakan Salat Ied 1439 Hijriah di Alun-alun Barat, Kota Serang, Banten. Foto/SINDOnews/Rasyid Ridho
A+ A-
SERANG - Sebagai bentuk toleransi antar umat beragama, sebanyak 40 warga Kristiani membagikan alas dan kantong untuk umat Muslim yang akan melaksanakan Salat Ied 1439 Hijriah di Alun-alun Barat, Kota Serang, Banten. Mereka berjajar di pintu masuk menawarkan lembaran koran bekas untuk dijadikan sebagai alas sajadah dan kantong untuk menyimpan sendal.

Seusai Salat Ied mereka juga menawarkan makanan dan minuman kepada jamaah Salat Ied dengan penuh senyuman. Sejumlah anggota kepolisian yang beragama Kristen pun membantu pengamanan selama pelasanaan Salat Ied yang diimami oleh KH Ariman Anwar.

Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud toleransi antar umat beragama yang dilakukan rutin setiap tahun. "Kegiatan ini sudah menjadi tradisi dari umat Kristiani dari berbagai gereja membantu menyediakan alas untuk salat bagi umat Muslim yang akan beribadah," ujar Kapolda didampingi Pendeta Beni kepada wartawan di lokasi, Jumat (15/6/2018).

Selama ini, kerukunan antar umat beraga di Provinsi Banten terjaga dengan baik. Terlihat pada perayaan Hari Raya Natal, Masjid Agung Serang selalu dijadikan tempat parkir bagi umat Kristiani yang akan beribadat di gereja.



"Kita bersama-sama menjadi satu, kita menunjukkan bahwa di Banten kehidupan beragama sangat baik dan sangat toleran," tuturnya. Untuk memberikan rasa aman, pihaknya juga melakukan pengamanan di pemukiman warga selama ditinggal bersilaturahmi dan mudik.

Salah warga yang beragama Muslim, Diah Mutmainah (25) pun menyambut baik aksi yang dilakukan umat Kristiani. Sebab, pembagian koran bekas sebagai alas sajadah sangat membantu.

"Ternyata usai salat kita-kita juga ditawari makanan dan minuman. Alhamdulillah damai, semoga terus terasa," katanya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak