alexametrics

Mangalomang H-1 Lebaran, Tradisi yang Unik Orang Tabagsel

loading...
Mangalomang H-1 Lebaran, Tradisi yang Unik Orang Tabagsel
Mangalomang atau mrmasak beras ketan pakai bambu satu Hari menjelang Lebaran (H-1), adalah salah satu ciri khas orang Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), Sumatera Utara.Foto Liansah
A+ A-
SIDIMPUAN - Mangalomang atau mrmasak beras ketan pakai bambu satu HariĀ  menjelang Lebaran (H-1), adalah salah satu ciri khas orang Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), Sumatera Utara.

Sedangkan Tabagsel ada 5 kabupaten kota yang terletak di provinsi Sumatera utara, yakni Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Tapanuli Selatan (Tapsel), Padanglawas (Palas), Padanglawas Utara (Paluta) dan Kota Padangsidimpuan.

Tradisi Mangalomang H-1 lebaran ini, sudah turun temurung bagi warga Tabagsel, seperta yang di ucapkan oleh Toguan Lubis,SH.MM selaku tokoh masyarakat di Tabagsel ini.

"Wah mangalomang itu saat menjelang lebaran Fitri, itu sudah tidak bisa dipisahkan bagi warga Tabagsel, soalnya tradisi itu sudah dari nenek moyang kita di Tabagsel ini" kata Toguan Lubis, saat di temui MNC Media, di Rumahnya Kota Padangsidimpuan,. Kamis (14/06/2018).

Terpisah, memasak Lemang atau memasak beras ketan pakai bambu dan santan atau seperti yang di katakan orang Tabagsel adalah Mangalomang, sudah menjadi baggain kewajiban bagi warga Tabagsel, jika menjelang hari raya idhul fitri.

"Mangalomang itu untuk warga Tabagsel ini rasanya itu, sudah wajiblah bagi yang mampu" tambah Azhari Hasibuan (32), Warga Sosopan Padang Lawas Utara saat di hubungi MNC Media, lewat selulernya
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak