alexametrics

81 Napi Lapas Cebongan Dapat Remisi Idul Fitri

loading...
81 Napi Lapas Cebongan Dapat Remisi Idul Fitri
Napi Lapas IIB Cebongan, Sleman mengikuti buka bersama di Lapas tersebut, Rabu (13/6/2018). (Foto/Priyo Setyawan/Koran SINDO)
A+ A-
SLEMAN - 81 narapidana (napi) lembaga pemasyarakatan (lapas) kelas II B Cebongan, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendapatkan remisi khusus (RK) atau pengurangan masa tahanan hari keagamaan Idul Fitri 1439 H.

Dari jumlah tersebut 3 di antaranya  masa tahanannya sudah selesai. Sehingga setelah menerima  surat keputusan (SK)  mereka langsung bebas. Untuk SK sendiri akan diserahkan saat hari raya Idul Fitri, Jumat (15/6/2018).

Kepala Lapas Kelas II B Cebongan, Mlati, Sleman, Gunarto mengatakan para napi tersebut mendapatkan pengurangan tahanan 15 dan 1 bulan. Napi yang mendapatkan remisi 15 hari ada 64 napi sisanya remisi 1 bulan.

Dari 64 napi yang mendapatkan remisi 15 hari, ada tiga napi yang langsung bebas atau RK II, karena masa tahannya sudah selesai.

"Remisi ini berdasarkan keputusan Kemenkumham No  PAS-218 PK 01.01.02 Tahun 2018 tertanggal 11 Juni 2018," kata mantan kepala rumah tahanan (Karutan) Sigle, Aceh itu di sela-sela buka puasa bersama warga binaan Lapas setempat, Rabu (13/6/2018).

Menurut Gunarto  jumlah warga binaan lapas Ce kelas II B Cebongan, Mlati, Sleman, hingga 13 Juni  2018 tercatat ada 286 orang. Terdiri dari 172 napi dan 114 tahanan.  Mereka di tempatnya di enam blok hanya saja tiap blok jumlahnya tidak sama.

Kapasitas Lapas Cebongan sendiri hanya 196 orang. Dari jumlah tersebut paling banyak kasus kriminal murni dan semuanya laki-laki. Sebab untuk tahanan kasus narkoba, anak-anak dan wanita sudah di tempatkan di tahan sendiri.

"Tahanan narkoba di lapas Pakem, anak-anak di lapas Wonosasi dan wanita di lapas Wirogunan," paparnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak