7 Alasan UNRWA Sangat Penting bagi Masa Depan Palestina

Minggu, 04 Februari 2024 - 16:29 WIB
loading...
7 Alasan UNRWA Sangat Penting bagi Masa Depan Palestina
UNWRA memiliki arti penting bagi warga Palestina. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA), yang merupakan badan kemanusiaan utama di Gaza , menghadapi krisis pendanaan yang belum pernah terjadi sebelumnya setelah donor internasional utamanya yang dipimpin oleh Amerika Serikat memotong pendanaannya karena tuduhan “teror”.

Pemimpin UNRWA Philippe Lazzarini menyebut langkah penangguhan pendanaan tersebut sebagai “hukuman kolektif tambahan” bagi warga Palestina yang sudah terguncang akibat pemboman Israel tanpa henti selama hampir empat bulan.

Penghentian bantuan terjadi segera setelah Israel menuduh 12 staf UNRWA terlibat dalam serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel. PBB telah mengambil tindakan terhadap staf UNRWA yang terkait dengan serangan tersebut, namun telah menyuarakan penolakannya terhadap pencairan dana tersebut.

“Ketika perang di Gaza terus berlanjut, dan pada saat Mahkamah Internasional menyerukan lebih banyak bantuan kemanusiaan, inilah saatnya untuk memperkuat dan tidak melemahkan UNRWA,” kata Lazzarini.

“Jika pendanaan tetap ditangguhkan, kemungkinan besar kami akan terpaksa menghentikan operasi kami pada akhir Februari, tidak hanya di Gaza tetapi juga di seluruh wilayah.”

7 Alasan UNRWA Sangat Penting bagi Masa Depan Palestina

1. Memberikan Bantuan Kebutuhan Pokok Rakyat Palestina

7 Alasan UNRWA Sangat Penting bagi Masa Depan Palestina

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, UNRWA dibentuk oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 8 Desember 1949, untuk memberikan dukungan dasar termasuk makanan, perawatan kesehatan dan pendidikan kepada puluhan ribu pengungsi Palestina.

Lebih dari 700.000 warga Palestina terpaksa mengungsi menjelang berdirinya Israel pada tahun 1948, yang oleh orang Palestina dikenang sebagai Nakba, atau “bencana”.

Operasi UNRWA tersebar di Tepi Barat yang diduduki – termasuk Yerusalem Timur, Jalur Gaza, Suriah, Lebanon dan Yordania.

2. Membantu 6 Juta Pengungsi Palestina

7 Alasan UNRWA Sangat Penting bagi Masa Depan Palestina

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, UNRWA mendukung sekitar enam juta pengungsi Palestina yang tinggal di dalam dan di luar Palestina. Hal ini seperti negara kuasi yang menyediakan layanan langsung, seperti sekolah, pusat kesehatan dasar dan layanan sosial lainnya. Ia juga memberikan pinjaman kepada warga Palestina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)