Asal-usul Ki Ageng Pamanahan Lahirkan Trah Raja Mataram Penguasa Tanah Jawa

Sabtu, 03 Februari 2024 - 10:37 WIB
loading...
Asal-usul Ki Ageng Pamanahan Lahirkan Trah Raja Mataram Penguasa Tanah Jawa
Potret Ki Ageng Pamanahan pendiri Desa Mataram. Foto/IG @mataramroyalbload
A A A
Ki Ageng Pamanahan menjadi trah lahirnya raja-raja di Dinasti Mataram Islam. Ki Ageng Pamanahan berhasil membangun Alas Mentaok, yang menjadi cikal bakal Kesultanan Mataram Islam yang berkuasa dan menguasai Pulau Jawa.

Babad Tanah Jawi dan Serat Kandha menjelaskan bagaimana rekam jejak Ki Ageng Pamanahan, yang melahirkan raja-raja. Ki Ageng Pamanahan sendiri adalah keturunan orang-orang Sela (sebutan lama untuk kampung di daerah Pati) yang hijrah ke Pajang

Pada tahun 1556 mendapat mandat oleh Sultan Hadiwijaya (sultan Pajang waktu itu) untuk memimpin bumi Mataram sebagai bupati. Ketika itu Ki Ageng Pamanahan diberi tanah Alas Mentaok yang akhirnya dinamakan Mataram, dan memimpin di sana.



Dikutip dari “Tuah Bumi Mataram: dari Panembahan Senopati hingga Amangkurat II”, putra Ki Ageng Pamanahan bernama Bagus Srubut atau R. Ng. Sutawijaya, kelak menjadi orang pertama dari dinasti Mataram yang menguasai Kesultanan Mataram sebagai Panembahan Senopati.

Narasi dalam Babad Tanah Jawi menyebutkan bahwa Pamanahan adalah putra Ki Ageng Enis dan cucu Ki Ageng Sela. Ki Ageng Enis bertempat tinggal di Laweyan, Solo.

Mereka termasuk dalam rombongan orang-orang dari Sela, suatu tempat yang sekarang bagian dari Kabupaten Grobogan, yaitu Desa Selo, yang hijrah ke Pajang untuk membantu Hadiwijaya, Adipati Pajang, yang saat ini merupakan wilayah Surakarta.

Babad Tanah Jawi tidak menyebutkan nama kecil Ki Ageng Pamanahan. Ki Ageng Pamanahan pada akhirnya menikah dengan sepupunya sendiri, yaitu Nyai Sabinah, putri Nyai Ageng Saba (kakak perempuan Ki Ageng Enis).



Menurut Sadjarah Dalem, nama kecilnya adalah Bagus Kacung, atau Castioeng menurut van der Horst. Ia memiliki adik angkat bernama Ki Penjawi yang kemudian menjadi ketua kampung Pati. Keduanya belajar pada seorang tokoh bernama Ki Ageng Sela.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)