Pemprov Jabar Berangkatkan Ribuan Pemudik dengan 130 Bus

Sabtu, 09 Juni 2018 - 23:15 WIB
Pemprov Jabar Berangkatkan Ribuan Pemudik dengan 130 Bus
Pemprov Jabar Berangkatkan Ribuan Pemudik dengan 130 Bus
A A A
BANDUNG - Lebih dari lima ribu pemudik mendapatkan layanan Mudik Bareng Gratis dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Tidak hanya pemudik, sebanyak 10 truk sepeda motor milik pemudik pun turut diberangkatkan ke berbagai daerah tujuan di Jawa Tengah.

Program Mudik Bareng Gratis Pemprov Jabar tersebut serentak digelar di empat kota, yakni Bandung, Bogor, Bekasi dan Sukabumi. Sebanyak 130 armada bus pun dikerahkan untuk mengangkut para pemudik tersebut.

"Alhamdulillah, pertama digelar lima tahun lalu, Mudik Bareng Gratis ini hanya 30 bus, sekarang sampai 130 bus. Semua ber-AC, jadi insya Allah di jalan tidak akan cape. Insya Allah selamat sentosa bertemu keluarga," tutur Gubernur Jabar Ahmad Heryawan saat melepas para pemudik di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/6/2018).

Menurut Aher, sapaan akrabnya, program Mudik Bareng Gratis ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, untuk memberikan jaminan keamanan bagi para pemudik, khususnya yang terbiasa mudik menggunakan sepeda motor.

"Karena Dishub (Dinas Perhubungan) juga menyediakan truk untuk mengangkut sepeda motor," sebut Aher.

Aher pun mengimbau masyarakat untuk sedapat mungkin menghindari mudik menggunakan sepeda motor karena sangat berisiko terhadap keselamatan.

"Atas nama keselamatan, kita mengimbau sedapat mungkin tidak (mudik) menggunakan sepeda motor mari kita utamakan keselamatan dengan mudik menggunakan kendaraan roda empat atau bus," imbaunya.

Dalam kesempatan itu, Aher pun menyempatkan diri untuk memimpin doa demi keselamatan seluruh pemudik yang menikmati layanan Mudik Bareng Gratis tersebut.

"Saya atas nama Pemprov Jabar mengucapkan selamat mudiik, mudah-mudahan selamat sampai tujuan. Selamat berlebaran Idul Fitri 1439 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin," tutup Aher.

Masih di tempat yang sama, Kepala Dishub Jabar Dedi Taufik menyebutkan, total pemudik yang diberangkatkan melalui program Mudik Bareng Gratis itu mencapai lebih dari 5.000 orang. Mereka diberangkatkan ke berbagai tujuan di Jawa Tengah, di antaranya Jogja, Solo, dan Semarang.

"Ada 130 bis yang diberangkatkan serentak di 4 kota, yakni Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Bekasi, dan Kota Sukabumi," sebut Dedi seraya mengatakan, sebanyak 10 truk pengangkut sepeda motor pemudik pun ikut diberangkatkan.

Dedi berharap, program Mudik Bareng Gratis ini bisa terus ditingkatkan. Sebab, selain memudahkan pemudik, program ini pun bisa menekan kecelakaan lalu lintas karena dapat menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor.

"Masyarakat biasanya pulang kampung kalau gak bawa roda dua gak gaya. Mereka ingin mengenalkan roda duanya. Makanya roda duanya kita angkut menggunakan truk," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7635 seconds (0.1#10.140)