Tol Fungsional Salatiga Menuju Kartasura Macet 3 Km

Sabtu, 09 Juni 2018 - 13:11 WIB
Tol Fungsional Salatiga Menuju Kartasura Macet 3 Km
Tol Fungsional Salatiga Menuju Kartasura Macet 3 Km
A A A
SALATIGA - Volume kendaraan yang melintas di ruas tol fungsional Salatiga – Kartasuro sejak Sabtu (9/6/2018) pagi hingga siang terus meningkat.

Imbasnya, medan jalan tidak mampu menampung banyaknya kendaraan yang masuk sehingga kemacetan tidak bisa dihindarkan. Ribuan mobil yang didominasi berpelat nomor Jakarta, Banten dan daerah lain di Jawa Barat itu, memanjang hingga 3 km.

Dari pantauan, kemacetan disebabkan adanya penyempitan jalan, turunan dan tanjakan yang curam serta tikungan tajam di Kali Kenteng. Selain itu, ada perpindahan jalur dari ruas tol ke jalur darurat karena terputus jembatan yang belum jadi.

Sehingga terjadi antrean untuk masuk ke jalur darurat. Kondisi ini sangat dikeluhkan para pemudik sebab mereka tidak ada informasi mengenai kondisi jalan tol fungsional Salatiga – Kartasura di ruas tol sebelumnya. (Baca: Antrean Pemudik di Exit Tol Palimanan Padat Merayap)

Padahal kondisi ruas tol fungsional ini, ada titik rawan kecelakaan. “Sebelumnya saya tidak tahu kondisi medan jalan. Ternyata ada jembatan yang belum jadi dan arus lalu lintas dialihkan ke jalur darurat yang rawan. Turunan, tanjakan serta tikungannya tajam. Semestinya kondisi seperti ini diinformasikan kepada pengguna jalan,” kata Yanto (45) asal Jakarta yang hendak mudik ke Klaten, Sabtu (9/6/2018) siang.

Dia menuturkan, sejak masuk gerbang tol fungsional, medan jalan terasa bergelembang. Sesampainya di Km 467.500 tepatnya di rest area Koripan, laju kendaraan sudah melambat.

“Ternyata sekitar 2 km ke depan, ada penyempitan jalur dan kondisi jalannya rawan. Tingkungan tajam, tanjakan dan turunanya cukup curam,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah petugas kepolisian telah berupaya untuk mengatur arus lalulintas agar tidak terjadi kemacetan. Namun tingginya volume kendaraan, membuat kemacetan tidak bisa dihindarkan.

Kasat Lantas Polres Semarang AKP Shandi Widiano mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak pengelola jala tol untuk menerapkan sistim buka tutup guna mengurai kemacetan panjang di jalan tol fungsional.

“Kami sudah meminta pihak pengelola jalan tol untuk menutup sementara di gerbang tol Salatiga – Kartasura. Arus lalulintas dari arah Bawen menuju Solo dialihkan ke jalur utama melalui gerbang tol Salatiga,” ucapnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.9913 seconds (0.1#10.140)