H-7 Lebaran, Tol Cipularang dan Cipali Masih Lengang

Jum'at, 08 Juni 2018 - 16:23 WIB
H-7 Lebaran, Tol Cipularang dan Cipali Masih Lengang
H-7 Lebaran, Tol Cipularang dan Cipali Masih Lengang
A A A
PURWAKARTA - Ruas Tol Cipularang dan Cipali, Kabupaten Purwakarta, pada H-7 Lebaran ini masih terlihat lengang, meskipun banyak yang memprediksi hari ini merupakan awal kepadatan lalu lintas saat arus mudik Lebaran 2018.

Berdasarkan pantauan SINDOnews pukul 15.00 WIB, kecepatan rata-rata kendaraan yang melintas di dua tol itu bisa dipacu hingga 80 km/jam. Bahkan, di Km 78 Tol Cipularang, kondisi jalanan acapkali kosong dari kedua arah, baik A (dari Jakarta arah Bandung) maupun B (arah sebaliknya). Setelah beberapa menit kemudian, baru sejumlah kendaraan melintas dengan kecepatan tinggi.

Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Rizky Adi Saputro mengungkapkan, kondisi lalu lintas pada H-7, baik di Tol Cipularang maupun Tol Cipali masih relatif aman. Sebab menurutnya, kepadatan akan mulai terjadi pada H-6 dan H-5.

"Kepadatan itu karena sudah mulai banyak yang libur pada H-4," ungkap Rizky kepada SINDOnews, Jumat (8/6/2018).

Terkait antisipasi dan kesiapan dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2018, dia menyebutkan, terdapat beberapa persiapan yang sudah dilakukannya, di antaranya menempatan 106 personel Satlantas Polres Purwakarta yang disebar di beberapa titik yang masuk kategori rawan kecelakaan maupun rawan kemacetan.

"Penempatan mereka tidak hanya di Tol Cipularang maupun Cipali, akan tetapi juga disebar di jalur arteri, semisal Cikopo-Purwakarta. Ditambah penempatan di tempat maupun akses ke tempat-tempat wisata," jelas Rizky.

Selain penempatan personel, sebanyak 157 rambu-rambu lalu lintas pun sudah dipasang sebagai informasi kepada masyarakat atau pemudik yang melintasi wilayah hukum Polres Purwakarta. Informasi itu berupa arah jalan, pengalihan atau rekayasa lalu lintas yang sedang diberlakukan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6341 seconds (0.1#10.140)