Rahasia di Balik Tren Warna Mobil Bisa Berubah 

Jum'at, 02 Februari 2024 - 11:00 WIB
loading...
Rahasia di Balik Tren Warna Mobil Bisa Berubah 
BMW merilis model mobil berubah warna baru, BMW i Vision Dee, yang dapat menghasilkan semua warna pelangi, bukan hanya warna monokrom. (Foto: BMW)
A A A
JAKARTA - Warna mobil berubah tiba-tiba menjadi tren dan mungkin segera muncul di jalan raya. Pengembangan teknologinya tengah berjalan.

Mobil berubah warna pertama yang diperkenalkan kepada publik, yaitu BMW iX Flow yang pertama kali muncul di CES 2022 di Las Vegas. Bahkan sampai muncul sebutan mobil berubah warna pertama di dunia.

IFL Science melansir Jumat (2/2/2024) kendaraan ini memungkinkan pengguna mengubah warna eksterior mobil antara hitam, putih, atau campuran warna dengan menekan tombol. Ide ini muncul agar pengemudi dapat memilih warna putih pada saat cuaca panas untuk memantulkan energi matahari dan warna hitam saat hawa berganti dingin untuk menyerapnya.

Teknologi ini bekerja menggunakan Electronic Paper Display (EPD). Mobil dilapisi dengan film elektroforetik yang memiliki jutaan mikrokapsul, tidak lebih lebar dari rambut manusia. Setiap kapsul berisi pigmen putih yang bermuatan negatif dan pigmen hitam bermuatan positif yang hanya terlihat ketika medan listrik sesuai dijalankan melaluinya.


BMW i Vision DEE


Di CES 2023, BMW merilis model mobil berubah warna baru - BMW i Vision Dee - yang dapat menghasilkan semua warna pelangi, bukan hanya warna monokrom. Mobil menggunakan teknologi serupa dengan iX Flow, tetapi mampu menghasilkan hingga 32 warna berbeda.

Bodi i Vision Dee terdiri dari 240 bagian berbeda yang dapat mengubah warna secara independen, memungkinkan mobil menampilkan pola multiwarna . Semua perintah dapat diberikan melalui kontrol suara dan akan dijalankan dalam hitungan detik.

"Dee" dalam nama tersebut adalah singkatan dari Digital Emotional Experience, yang menurut BMW mencerminkan harapan mereka untuk memperkuat koneksi emosional antara mobil dan manusia.



Undang-undang dan peraturan mungkin dapat menjadi hambatan bagi mobil berubah warna yang mulai masuk ke pasar. Saat ini, belum ada undang-undang terkait kendaraan yang dapat langsung mengubah warna menggunakan listrik.

Namun, menurut peraturan saat ini di AS, pemilik mobil diwajibkan untuk memberitahu Departemen Kendaraan Bermotor (DMV) dan penyedia asuransi mereka jika mereka mengubah warna dominan kendaraan mereka. Begitu juga di Inggris, pengemudi harus memberitahu Driver and Vehicle Licensing Agency (DVLA) dan perusahaan asuransi mereka.

Belum jelas bagaimana kerangka kerja ini akan berlaku untuk mobil yang dapat langsung mengubah warna mereka dengan perintah suara sederhana.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4756 seconds (0.1#10.140)