Baca Selawat 1000 Kali di Hari Jumat, Allah SWT akan Perlihatkan Surga

Jum'at, 02 Februari 2024 - 09:18 WIB
loading...
Baca Selawat 1000 Kali di Hari Jumat, Allah SWT akan Perlihatkan Surga
Ada nilai ketika seseorang memperbanyak selawat pada malam dan Hari Jumat, paling sedikit 1000 kali maka Allah Subhanahu wa taala akan memperlihatkan surga untuknya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Amalan yang paling dicintai Allah dan Rasul-Nya di hari Jumat adalah memperbanyak selawat nabi SAW . Ada nilai ketika seseorang memperbanyak selawat pada malam dan Hari Jumat, paling sedikit 1000 kali maka Allah Subhanahu wa ta'ala akan memperlihatkan surga untuknya.

Dalam risalah yang berjudul Al-Lum'ah fi Khasha’ishil Jumuah, Imam Jalaludin As-Suyuthi memasukkan amalan memperbanyak baca selawat Nabi sebagai salah satu kekhususan hari Jumat .

Al-Hafizh As-Suyuthi menyebutkan beberapa hadis yang menunjukkan betapa besar keutamaan amalan memperbanyak baca selawat Nabi pada hari Jumat, di antaranya adalah:

Diriwayatkan dari Aus bin Aus, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

ان من افضل ايامكم يوم الجمعة فيه خلق ادم و فيه قبض وفيه النفخة وفيه الصعقة فاكثروا من الصلاة علي فيه فان صلاتكم معروضة علي


"Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah Hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptaan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk."

Karena itu perbanyaklah membaca selawat kepadaku pada hari Jumat, karena selawat kalian akan dipersembahkan kepadaku".

Dari Abi Umamah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

اكثروا من االصلاة علي فى كل يوم جمعة فمن كان اكثرهم علي صلاة كان اقربهم منزلة


"Perbanyaklah kalian membaca selawat kepadaku setiap hari Jumat. Barang siapa yang paling banyak membaca shalawat atasku, maka dia paling dekat kepadaku kedudukannya."

Dari Anas, Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa membaca selawat atasku pada hari Jumat seribu kali, maka ia tidak mati kecuali akan diperlihatkan kedudukannya di surga."

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

اكثروا من الصلاة علي فى اليلة الزهراء واليوم الازهر فان صلاتكم تعرض علي


"Perbanyaklah kalian membaca shalawat atasku pada malam bercahaya dan hari berkilauan karena sesungguhnya shalawat kalian akan disampaikan padaku."

Dalam Kitab Al-Lum'ah fi Khasha'ishil Jumu'ah di atas, meskipun tidak disebutkan semuanya, berikut keutamaan memperbanyak membaca selawat pada hari Jumat bagi yang mengamalkannya:

1. Bacaan selawat pada hari atau malam Jumat tersebut langsung dihadapkan kepada Nabi Muhammad SAW.
2. Yang terbanyak membaca selawat -khususnya pada hari Jumat- derajat kedudukannya lebih dekat kepada Nabi Muhammad SAW
3. Yang mengamalkan membaca selawat hari Jumat akan ditulis dalam kelompok para syahid dan mendapatkan syafaat pada hari kiamat.
4. Dikabulkan hajat-hajatnya, baik kebutuhannya di akhirat maupun di dunia.
5. Pada hari kiamat akan datang bersama Nabi Muhammad seraya mukanya bercahaya.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3006 seconds (0.1#10.140)