alexametrics

Hadapi Arus Mudik, Terminal Cicaheum Siapkan 223 Bus

loading...
Hadapi Arus Mudik, Terminal Cicaheum Siapkan 223 Bus
Petugas Dishub Jabar dan anggota kepolisian saat memeriksa kelaikan bus yang akan digunakan sebagai angkutan lebaran di Terminal Cicaheum. iNews.id/Yogi Pasha
A+ A-
BANDUNG - Terminal Cicaheum menyiapkan 223 bus untuk menghadapi arus mudik 2018. Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto mengatakan, telah menyediakan armada angkutan mudik sebanyak 108 kendaraan angkutan kota antar provinsi (AKAP) dan angkutan kota dalam provinsi (KADP).

Selain itu ada tersedia 83 armada operasional yang siap digunakan kapan saja. "Kami juga menyediakan 30 unit kendaraan cadangan jika terjadi lonjakan penumpang saat puncak arus mudik nanti," ujarnya, Rabu (6/6/2018).

Roni menyebutkan, puncak arus mudik Lebaran 2018 di Terminal Cicaheum diprediksi terjadi pada H-3 dan H-2 jelang Lebaran. Namun, musim libur panjang baik sekolah dan pegawai juga diprediksi akan terjadi pergerakan penumpang pada Minggu 10 Juni 2018 dan Senin 11 Juni 2018.



Saat itu merupakan hari terakhir seluruh lapisan masyarakat sudah mulai libur, baik siswa sekolah maupun para pegawai. “Kondisi ini melihat tradisi yang sering terjadi di Terminal Cicaheum," katanya.

Namun, Roni mengungkapkan, lonjakan jumlah penumpang arus mudik Lebaran tahun ini tidak akan seramai pada tahun sebelumnya. Bahkan, diperkirakan mengalami penurunan sebesar 5% dibandingkan 2017.

Penurunan jumlah penumpang ini dipengaruhi sejumlah faktor, di antaranya banyaknya pemudik yang memanfaatkan fasilitas mudik gratis serta banyak masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan pribadi. "Tapi, kami akan tetap antisipasi jika terjadi lonjakan jumlah pemudik," tegasnya.
(wib)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak