Geger, Zelensky Akan Pecat Panglima Militer Ukraina di Tengah Perang Melawan Rusia

Kamis, 01 Februari 2024 - 12:20 WIB
loading...
Geger, Zelensky Akan Pecat Panglima Militer Ukraina di Tengah Perang Melawan Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan memecat Panglima Militer Jenderal Valery Zaluzhny di tengah perang melawan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kepada Panglima Militer Jenderal Valery Zaluzhny bahwa dia memecatnya dalam sebuah pertemuan pada hari Senin.

Itu diungkap seorang pejabat senior yang mengetahui percakapan tersebut. Jika terjadi, itu akan menjadi sebuah perombakan militer yang mengganggu di tengah perang Ukraina melawan Rusia.

Zelensky dan Jenderal Zaluzhny memang telah berseteru selama berbulan-bulan, dan pemecatan tersebut—jika dilakukan—akan menjadi puncak perselisihan mereka

Zaluzhny masih memegang jabatannya untuk saat ini, namun keputusan resmi presiden diperkirakan akan mengonfirmasi pemecatannya setelah dua tahun invasi Rusia dan ketika pasukan Moskow mendapatkan inisiatif strategis di beberapa wilayah garis depan.



Pada hari Senin, juru bicara Zelensky, Serhiy Nykyforov, membantah bahwa Jenderal Zaluzhny telah dipecat.

“Tidak ada topik pembicaraan,” kata Nykyforov kepada wartawan. “Tidak ada perintah. Presiden tidak memecat Panglima."

Nykyforov pada hari Rabu (31/1/2024) tidak segera membalas pesan dari The Washington Post yang meminta komentar terbaru.

Masih belum jelas apakah komandan baru mana pun akan mampu memperbaiki situasi sulit Ukraina di medan perang tanpa penambahan pasukan dan senjata secara signifikan—persis seperti yang dituntut Jenderal Zaluzhny dari Zelensky, sehingga menambah ketegangan pada hubungan mereka yang sudah memburuk.

Popularitas Zaluzhny—baik di kalangan militer maupun di kalangan warga biasa—menjadikan pemecatannya sebagai pertaruhan politik bagi Zelensky. Hal ini juga menimbulkan risiko strategis pada saat Rusia semakin meningkatkan serangannya dan bantuan keamanan Barat untuk Kyiv melambat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)