Malam Ini Merapi Kembali Erupsi, Tinggi Kolom 2,5 Km

Jum'at, 01 Juni 2018 - 21:46 WIB
Malam Ini Merapi Kembali Erupsi, Tinggi Kolom 2,5 Km
Malam Ini Merapi Kembali Erupsi, Tinggi Kolom 2,5 Km
A A A
SLEMAN - Gunung Merapi kembali memuntahkan material vulkanik pada 20.24 WIB dengan amplitudo maksimum dan kolom letusan setinggi 2.500 meter mengarah ke timur laut. Letusan yang teramati dari Pos PGM Jrakah itu berlangsung selama 1,5 menit.

Dalam keterangan tertulis yang disampaikan Pusdalops BPBD Sleman, status aktivitas Merapi saat ini tetap pada Level 2 atau Waspada. Radius tiga kilometer dari puncak direkomendasikan steril dari aktivitas penduduk dan pendakian.

"Masyarakat yang tinggal di KRB (Kawasan Rawan Bencana) III diharap untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi," demikian keterangan tertulis Pusdalops BPBD Sleman dikutip dari akun Twitter @pusdalopssleman, Jumat (1/6/2018).

Selain itu, masyarakat diminta untuk tidak panik dan tetap beraktivitas seperti biasa serta meningkatkan kewaspadaan. Bila terjadi hujan abu gunakan alat pelindung diri (APD) apabila beraktivitas di luar rumah berupa masker, kacamata, jaket, penutup kepala, dan alas kaki.

"Ikuti arahan petugas yang ada di lapangan bila terjadi situasi darurat, berhati-hati dalam berkendara dan utamakan tertib lalu lintas. Cermati berita dan informasi yang beredar, kenali teliti dan cermati info, sumber, waktu, dan captionnya," tambahnya.

Kepala Seksi Gunung Merapi BPPTKG DIY Agus Budi Santoso mengatakan masyarakat harus tetap tenang dengan peningkatan aktivitas Merapi. Pihaknya terus melakukan pemantauan dan juga koordinasi dengan berbagai stakeholder apabila terjadi peningkatan aktivitas.
"Rekomendasi kami radius 3 Km dari puncak harus dikosongkan dari aktivitas penduduk seperti mencari rumput dan aktivitas pendakian di area 3 km dari puncak," ujarnya.

Selain itu warga diharapkan menghindari aktivitas di luar ruangan. Namun apabila terpaksa keluar harus waspada hujan abu sehingga harus menggunakan masker, jaket, penutup kepala dan alas kaki.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7279 seconds (0.1#10.140)