Sambangi Mojokerto, Alam Ganjar Apresiasi Anak Muda Terlibat di Sektor Pertanian dan Peternakan

Selasa, 30 Januari 2024 - 19:42 WIB
loading...
Sambangi Mojokerto, Alam Ganjar Apresiasi Anak Muda Terlibat di Sektor Pertanian dan Peternakan
Alam Ganjar, putra Capres Ganjar Pranowo menyambangi petani kopi dan peternak kambing di kawasan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (30/1/2024). Foto/MPI
A A A
MOJOKERTO - Muhammad Zinedine Alam Ganjar, putra Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyambangi petani kopi dan peternak kambing di kawasan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (30/1/2024).

Dalam kunjungan tersebut Alam Ganjar mendatangi sejumlah petani kopi penghasil jenis Arabica yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Dia selanjutnya berbincang banyak mengenai hewan ternak kambing etawa yang memproduksi susu kambing terbaik.



Dari diskusi tersebut, Alam Ganjar memperoleh banyak pengetahuan baru dan kagum terhadap kondisi pertanian dan peternakan yang sudah berjalan dengan baik sehingga bisa menjadi percontohan bagaimana pengelolaan pertanian dan peternakan yang terintegrasi.



Namun, di balik keberhasilannya tersebut, Alam Ganjar menilai masih terdapat sejumlah kendala yang menghambat proses pertumbuhan dari para petani maupun peternak, diantaranya dalam memperoleh izin dan sertifikasi produk hilirisasi.

"Pemberdayaan peternakan dan pertanian di sini udah bagus, ada tempat produksi bersama untuk petani kopi, lalu tadi ada peternak kambing etawa juga sudah cukup mandiri, tapi mereka merasakan kesulitan terkait perizinan, sertifikasi dan sebagainya," kata Alam Ganjar.

Tapi Alam Ganjar melihat bahwa potensi untuk berkembang sangat besar. Sebab, menurut Alam Ganjar, adanya keterlibatan anak muda dan lintas generasi sehingga menjadikan produk pertanian dan peternakan tersebut memiliki inovasi dalam proses pengolahannya.



"Ada beberapa hal menarik yang bisa kita garisbawahi bersama bagaimana anak muda turun dilibatkan, ada rasa kebanggaan bertani dan membangun desa," ungkap Alam Ganjar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)