Puluhan Truk Terjaring Razia Wastib

Kamis, 31 Mei 2018 - 16:54 WIB
Puluhan Truk Terjaring Razia Wastib
Puluhan Truk Terjaring Razia Wastib
A A A
SALATIGA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga bersama Satlantas Polres Salatiga dalam dua hari belakangan, 30-31 Mei 2018 menggelar razia pengawasan dan ketertiban (wastib) terhadap kendaraan angkutan barang dan penumpang di jalan lingkar selatan (JLS) Pulutan, Sidorejo. Hasilnya, petugas menilang pengemudi puluhan truk yang terbukti melanggar ketentuan.

Adapun pelanggarannya meliputi surat-surat seperti STNK dan SIM. Pelanggaran lainnya antara lain, masa uji KIR telah habis dan dimensi kabin panjangnya melebihi ketentuan.

Kepala Dishub Kota Salatiga Adhy Suprapto mengatakan, razia pengawasan dan ketertiban dilakukan untuk mengetahui kondisi fisik dan surat-surat kendaraan angkutan barang dan penumpang yang beroperasional di Salatiga. Ini merupakan bagian dari upaya untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Semua kendaraan angkutan barang dan penumpang harus dalam kondisi laik jalan. Karena itu, kendaraan yang tidak laik jalan kami tindak tegas. Dalam razia yang kami gelar dalam dua hari belakangan ada 22 sopir kendaraan angkutan barang yang dirindak tegas," katanya, Kamis (31/5/2018).

Dia mengimbau kepada semua pemilik angkutan umum untuk segera mengecek ulang kondisi fisik armadanya sebelum digunakan untuk angkutan Lebaran 1439 H nanti. Setidaknya ada sekitar ribuan unit armada angkutan umum yang wajib uji laik jalan.

Dia menyatakan, sesuai ketentuan armada angkutan barang dan angkutan umum penumpang setiap enam bulan sekali harus melakukan uji KIR. Namun menjelang Lebaran, pemilik armada angkutan umum diimbau untuk melakukan cek ulang kondisi fisik masing-masing unit armada.

"Selain kondisi mesin dan fisik kabin, kelengkapan lain seperti rem, lampu, lampu sein, spion, dan lainnya harus dalam kondisi normal. Ini penting karena kelengkapan tersebut juga sebagai penunjang kelancaran operasional aramada," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4094 seconds (0.1#10.140)