alexametrics

Makanan Khas Lamongan Sego Boranan Bakal Dipatenkan

loading...
Makanan Khas Lamongan Sego Boranan Bakal Dipatenkan
Pemkab Lamongan berencana segera mempatenkan kuliner khas Sego Boranan. FOTO/SINDOnews/Ashadi Iksan.
A+ A-
LAMONGAN - Buat warga Lamongan pasti sudah mengenal kuliner Sego Boranan. Nah,makanan khas ini segera dipatenkan. "Jangan sampai sego boranan diklaim milik kabupaten lain. Ke depan harus cepat dipatenkan, kalau bisa tahun ini harus diurus," ujar Bupati Lamongan Fadeli, Rabu (30/5/2018).

Sego Boranan kini tidak lagi menjadi menu makanan tradisional yang digemari warga Lamongan saja. Melainkan banyak juga digemari warga dari berbagai kota. Bahkan, mereka datang hanya untuk mencicipi makanan khas tersebut.“Mempatenkan Sego Bonanan adalah keputusan tepat,” tukasnya.

Fadeli berpesan, para pedagang mendesain Sego Boranan dengan kemasan yang lebih modern. Hingga kini, pelayanan Sego Boranan masih terlihat sangat tradisional. Di antaranya penyajian dengan menyediakan fasilitas tempat makan dengan beralaskan tikar.

Fadeli juga berjanji akan memperkenalkan Sego Boranan dalam kegiatan nasional hingga internasional."Dengan cara itu, membuat Lamongan makin dikenal luas," katanya.

Sego Boranan khas Lamongan sendiri terdiri dari nasi, bumbu, lauk dan rempeyek. Pelengkap lain yang melengkapi nasi boran adalah empuk (tepung yang digoreng) dan pletuk (kacang dan remag nasi aking).

Untuk lauknya sendiri, selalu ditawari dengan beragam pilihan. Antara lain, daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur asin, tahu dan tempe.
(vhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak