alexametrics

Dongkrak Perekonomian, Deddy Mizwar Sebut Jabar Selatan Bakal Miliki Pelabuhan Samudera

loading...
Dongkrak Perekonomian, Deddy Mizwar Sebut Jabar Selatan Bakal Miliki Pelabuhan Samudera
Deddy Mizwar menyapa masyarakat Cianjur di Pasar Sukanagara, Minggu (27/5/2018). Foto/Istimewa
A+ A-
BANDUNG - Calon gubernur Jawa Barat nomor urut 4 Deddy Mizwar menyebutkan, kawasan Jabar Selatan akan memiliki pelabuhan samudera tempat bersandar kapal-kapal besar.

Menurut Deddy, kehadiran pelabuhan samudera bertujuan untuk mendongkrak pertumbuhan perekonomian di kawasan Jabar Selatan. Selama ini, kata Deddy, perekonomian Jabar Selatan sangat rendah dan masyarakatnya didera kemiskinan.

"Bagaimana masyarakat Jabar Selatan bisa mengirim komoditas yang dihasilkannya ke luar, sedangkan pelabuhannya saja tidak ada. Pelabuhan-pelabuhan yang ada sekarang kan semuanya kecil-kecil," tutur Deddy dalam keterangan resminya, Senin (28/5/2018).



Semua sarana dan infrastruktur yang dibangun, lanjut Deddy, juga akan diselaraskan dengan program-program besar pemerintah lainnya, seperti perhutanan, sosial, termasuk pelabuhan regional. "Bahkan dari perencanaan, Cidaun akan menjadi pelabuhan samudera. Kita lihat nanti seperti apa," katanya.

Deddy melanjutkan, Pemprov Jabar, pemerintah daerah, bersama 17 kementerian tengah mempersiapkan program terpadu untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat Jabar Selatan, meliputi Kabupaten Garut, Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi ini.

Deddy menilai, sejatinya, banyak potensi ekonomi yang bisa dibangun di Jabar Selatan, seperti perikanan laut, pelabuhan internasional, kepariwisataan, termasuk pertanian. "Bicara Jabar Selatan, ini sebetulnya bicara soal kepariwisatan, kelautan, dan pertanian, itu saja. Ini sudah koordinasi dengan 17 kementerian," paparnya.

Bahkan, laniut Cagub yang berpasangan dengan Dedi Mulyadi ini, di pesisir pantai Cidaun, Kabupaten Cianjur, rencananya akan dibangun pelabuhan samudera, sebagai sarana persinggahan kapal-kapal besar.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak