alexametrics

Terima Gelar Daeng, Deddy Mizwar Berharap Dukungan Warga Sulsel di Jabar

loading...
Terima Gelar Daeng, Deddy Mizwar Berharap Dukungan Warga Sulsel di Jabar
Cagub Jabar nomor urut 4, Deddy Mizwar saat bersilaturahmi dengan warga Sulsel di Jabar. Foto Istimewa
A+ A-
BANDUNG - Calon gubernur (cagub) Jawa Barat nomor urut 4, Deddy Mizwar menerima gelar Daeng yang diberikan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Jabar sebagai bentuk kehormatan bagi seseorang yang memiliki kedekatan dengan masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel).

Gelar tersebut diterima Deddy saat bersilaturahmi dengan KKSS yang dikemas dalam kegiatan Buka Puasa Bersama di Jalan Layar Nomor 13, Arcamanik Endah, Kota Bandung, Sabtu (26/5/2018). Diketahui, sedikitnya 60.000 masyarakat Sulsel menetap di Provinsi Jabar.

"Kami mengangkat beliau dengan gelar Daeng. Itu sebutan kehormatan yang artinya kakak atau kang mas kalau di Jawa. Itu adalah panggilan kehormatan sebagai saudara yang siap maju di depan," ungkap Ketua KKSS Jabar Asri Sri Wulandari dalam keterangan resminya, Minggu (27/5/2018).



Menurut Asri, baru kali ini KKSS Jabar mendapat kesempatan bertemu dengan Deddy karena kesibukannya yang sebelumnya menjabat Wakil Gubernur Jabar.

"Pak Deddy itu sudah dari tahun 2013 kita tunjuk sebagai Dewan Kehormatan KKSS Jabar setelah kami mengetahui silsilah beliau. Tapi, baru kali ini berkesempatan bertemu beliau," katanya.

Asri juga menjelaskan, KKSS merupakan organisasi non-politik dan setiap anggotanya memiliki hak pilih masing-masing.

"Dan tadi Pak Deddy memang menyampaikan maksudnya untuk (maju) Pilgub Jabar," katanya.

Asri menambahkan, Sulsel dengan masyarakat suku Bugisnya sudah sangat lekat dengan masyarakat Jabar yang bersuku Sunda. Jika melihat jejak sejarah, kata Asri, beberapa tokoh masyarakat Sulsel juga turut berjuang di masa penjajahan untuk mempersatukan masyarakat Sunda.

"Sangat (dekat). Paguyuban Pasundan yang mendidirkn itu orang Sulawesi Selatan (Daeng Kanduruan Ardiwinata) . Dan biasanya setiap kegiatan KKSS pasti dihadiri Ketua Paguyuban Pasundan Prof Didi Turmudzi. Beliau sangat dekat dengan kami," pungkasnya.

Sementara itu, Deddy Mizwar sendiri menegaskan, pertemuan dengan KKSS itu hanya bentuk silaturahmi di bulan Ramadhan. Meski begitu, Deddy mengakui, dirinya mengharapkan dukungan dari KKSS di Pilgub Jabar 2018.

"Ya mudah-mudahan saja karena semua sudah tau ada pilgub. Semoga dapat dukungan dari KKSS," timpal Deddy.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak