Pasangan Asyik Siapkan Kejutan di Debat Ketiga

Jum'at, 25 Mei 2018 - 14:48 WIB
Pasangan Asyik Siapkan Kejutan di Debat Ketiga
Pasangan Asyik Siapkan Kejutan di Debat Ketiga
A A A
BANDUNG - Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jabar Sudrajat-Akhmad Syaikhu menjadi pasangan yang paling ditunggu dalam debat ketiga Pilgub Jabar 2018 yang akan digelar Jumat (22/6/2018) mendatang. Kejutan pun telah disiapkan pasangan nomor urut 3 ini.

Pasangan yang dikenal dengan sebutan Asyik ini mampu menyedot perhatian publik setelah melakukan aksi kontroversial mengangkat kaus bertuliskan #2019GantiPresiden pada debat publik kedua, Senin (14/5/2018) di Balairung UI, Depok.

Ketua Tim Pemenangan Asyik Haru Suandharu mengakui, pasangan Asyik akan menjadi fokus perhatian pada debat ketiga nanti. Terlepas diberikan izin untuk mengikuti debat tersebut karena masih menunggu keputusan KPU Jabar dan Bawaslu Jabar terkait aksi di debat kedua.

"Soal kejutan di debat ketiga, nantikan saja. Kalau dikasih tahu, bukan kejutan lagi," kata Haru, Jumat (25/5/2018).

Haru menuturkan, sebenarnya aksi kaus #2019GantiPresiden tidak berbeda jauh dari isu kenaikan tarik listrik, kenaikan bahan bakar minyak (BBM), kebutuhan layanan kesehatan dan pendidikan, yang muncul di masyarakat. Karena itu, KPU dan Bawaslu tidak menafikan isu tersebut sebagai isu daerah atau pusat. (Baca Juga: Pasangan Asyik Singgung 2019 Ganti Presiden, Pendukung Hasanah Protes
"Kebijakan pusat dan daerah itu terkait, tidak bisa dilepas begitu saja. Isu-isu krusial tetap diangkat. Nah #2019 Ganti Prresiden ada di masyarakat yang tidak bisa ditutupi. Kebetulan diangkat oleh Asyik. Nah di debat ketiga akan menarik karena sudah ada polarisasi. Bahkan sikap diam pun sudah menjadi sikap," ujarnya.

Haru menegaskan, pasangan Asyik akan fokus kepada materi debat tentang pelayanan publik. Pasangan Asyik sangat beruntung karena Calon Gubernur Jabar Sudrajat memiliki dasar pendidikan tentang kebijakan publik di Universitas Harvard. Sementara, Calon Wakil Gubernur Jabar Akhmad Syaikhu merupakan mantan pejabat Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sehingga sangat memahami transparansi pelayanan publik.

"Saya berharap Asyik bisa lebih baik dan tampil maksimal. Nantikan saja Asyik," pungkasnya.

Sementara, pengamat politik dari Universitas Padjadjaran Idil Akbar menyatakan, tidak bisa dipungkiri jika akan terjadi aksi menarik perhatian publik pada debat publik ketiga nanti. Tentu fokus publik sedikit banyak akan terbelah pada pasangan Asyik.

"Pasangan Asyik tentu jadi perhatian tersendiri setelah apa yang dilakukan pada debat kedua. Atau bisa jadi pasangan lain pun melakukan hal serupa dengan konten berbeda. Sangat mungkin bisa terjadi," kata Idil saat dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (25/5/2018).

Menurut Idil, sebetulnya dirinya berharap seluruh pasangan calon di Pilgub Jabar 2018 tidak melakukan manuver-manuver yang tidak sesuai substansi tema debat dan jangan mengambil momentum pada debat tersebut. Biarkan masyarakat konsentrasi menilai kapasitas dan kapabilitas program masing-masing pasangan calon.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5327 seconds (0.1#10.140)