Pecahan Meteorit Langka yang Meledak di Langit Jerman Berhasil Ditemukan

Sabtu, 27 Januari 2024 - 20:00 WIB
loading...
Pecahan Meteorit Langka yang Meledak di Langit Jerman Berhasil Ditemukan
Pecahahan asteroid 2024 BX1 yang meledak di langit berhasil ditemukan. (Foto: Museum für Naturkunde Berlin)
A A A
JAKARTA - Peristiwa alam langka terjadi di langit kota Berlin, Jerman pada 21 Januari 2024. Asteroid 2024 BX1 yang jatuh ke Bumi terbakar di atmosfer dan memicu suara ledakan di udara.

Upaya pencarian pecahan meteorit yang mungkin bertahan dari terbakar di atmosfer dan jatuh ke Bumi pun segera dilakukan. Hasilnya, para peneliti berhasil menemukannya.

Dilansir dari IFL Science, pecahan asteroid 2024 BX1 berukuran sebesar kenari telah ditemukan oleh para peneliti dari Museum für Naturkunde Berlin. Saat ini meteorit tersebut akan diperiksa untuk memastikan berasal dari asteroid 2024 BX1.

Asteroid 2024 BX1 adalah objek yang diperkirakan akan bertabrakan dengan Bumi dengan peluang 100 persen, yang hanya terjadi untuk kedelapan kalinya.



Asteroid ini pertama kali terdeteksi sekitar tiga jam sebelum terjadi dampak di langit Jerman. Krisztián Sárneczky di Piszkéstető Mountain Station dari Konkoly Observatory dekat Budapest, Hungaria melihatnya di langit dan melaporkan temuan tersebut ke Minor Planet Center.

Minor Planet Center adalah sistem internasional berisi basis data tentang semua benda kecil yang bergerak melalui Tata Surya. Data ini kemudian secara otomatis dibagikan ke para astronom lainnya.

Berkat Scout, sistem otomatis lain yang melacak lintasan objek yang baru ditemukan, menjadi jelas bahwa asteroid 2024 BX1 akan bertabrakan dengan Bumi.



Bola api terang dari objek tersebut terlihat sejauh Republik Ceko. Pecahan asteroid, jika bertahan dari kehancuran di atmosfer, diharapkan jatuh di sebelah barat Berlin, di Havelland di mana potongan-potongan kecil ini ditemukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2059 seconds (0.1#10.140)