Banjir Bandang Hanyutkan 7 Rumah di Konawe Utara

Selasa, 22 Mei 2018 - 20:46 WIB
Banjir Bandang Hanyutkan 7 Rumah di Konawe Utara
Banjir Bandang Hanyutkan 7 Rumah di Konawe Utara
A A A
KONAWE UTARA - Tujuh rumah warga di Desa Tambakua, Kecamatan Landawe dan Desa Polora Indah, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), hanyut diterjang banjir bandang, Selasa (22/05/2018).

Warga yang rumahnya hanyut sempat berteriak histeris di daerah ketinggian, namun tidak bisa berbuat banyak, lantaran arus banjir cukup deras. Air bah mulai masuk permukiman warga, sekira pukul 05.58 Wita, dan ketinggian air mencapai 5 hingga 10 meter, pada pukul 10.00 WIta.

Untungnya, sejumlah warga terdampak banjir, telah memindahkan barang-barang mereka ke rumah sanak keluarga berada di ketinggian. Banjir, juga melumpuhkan aktivitas lalulintas jalan trans Sulawesi, di Kecamatan Langgikima yang menghubungkan Sulawesi Tenggara dengan Sulawesi Tengah.

Meluapnya Air Sungai Matabenua, di Konut, lantaran sungai tidak mampu menahan debit air, setelah guyuran hujan deras sejak minggu (20/05/2018) hingga selasa (22/05/2018).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir bandang ini. Kantor SAR Kendari, telah menerjunkan 10 personelnya di lokasi kejadian beserta peralatan pertolongan yang dibutuhkan warga di lokasi banjir.

"Hingga Pukul 17.50 Wita, hasil pemantauan dari tim yang di lapangan, debit air belum juga surut, tim Rescue Basarnas Kendari, masih di siagakan di posko utama Desa Polaaro, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara," jelas Wahyudi, Humas Kantor SAR Kendari.

Hingga saat ini, warga di dua desa, Kecamatan Landawe dan Langgikima, masih siaga, sebab guyuran hujan hingga selasa malam, masih terus terjadi.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0087 seconds (0.1#10.140)