Survei Sigma Populis Indonesia: Elektabilitas Partai Perindo Capai 4,5%

Jum'at, 26 Januari 2024 - 18:58 WIB
loading...
Survei Sigma Populis Indonesia: Elektabilitas Partai Perindo Capai 4,5%
Sigma Populis Indonesia (SPI) menyebut Partai Persatuan Indonesia (Perindo) meraih elektabilitas sebesar 4,5%. Foto/MPI/hambali
A A A
TANGERANG - Sigma Populis Indonesia (SPI) memaparkan hasil survei terbaru terkait elektabilitas partai dan sekaligus pasangan calon presiden - wakil presiden. Dalam hasil surveinya, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) meraih elektabilitas sebesar 4,5%.

Partai Perindo dikatakan sebagai satu-satunya partai baru yang menembus Parliamentary Threshold (PT). "Menarik di sini bahwa Partai Perindo, sebetulnya mungkin bisa dikatakan sebuah partai baru meskipun tidak terlalu baru. Perindo hasil survei kita memeroleh suara 4,5%," kata Direktur SPI Ramlan Ashari, di Cafe Selasar, Pisangan, Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (26/1/24).

Capaian elektabilitas Perindo itu, kata Ramlan, bukan hal mengejutkan. Sebab, partai besutan Hary Tanoesoedibjo (HT) itu sejak lama familiar di mata masyatakat karena banyak aktivitasnya yang terekspose melalui media. "Ini sebetulnya tidak terlalu mengagetkan, karena sebetulnya mereka punya cukup media untuk bisa dipakai menyosialisasikan itu,' jelasnya.



Survei ini dilakukan pada periode 14 sampai 20 Januari 2023 dengan responden 1.200 orang yang terbagi pada 34 provinsi dengan klasifikasi gender, pendidikan, hingga pekerjaan. "Dengan metode survei melalui telepon yang sudah terlatih.," paparnya.



Survei SPI membagi elektabilitas partai pada 4 bagian, yakni kelas satu diisi oleh PDIP dan Partai Gerindra dengan raihan 17-22%. Lalu kelas kedua, Partai Golkar dan PKB dengan capaian 7-10%.

Sedang kelas ketiga, diisi oleh Partai Perindo, Nasdem, Demokrat, PKS, dan PAN dengan rentang elektabilitas 4-7%. Sementara kelas terakhir, ditempati partai PSI, Hanura, dan PPP yang elektabilitasnya belum aman, yakni di bawah 4%.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)