alexametrics

KPU Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih di Pilgub Jateng

loading...
KPU Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih di Pilgub Jateng
Pencoblosan. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
SALATIGA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga Putnawati mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Tengah (Jateng) pada 27 Juni 2018. Karena, pilihan itu menentukan baik buruknya pembangunan dan pemerintahan Provinsi Jateng lima tahun ke depan.

"Kami minta semua warga Salatiga ikut menyukseskan Pilgub. Gunakan hak suara anda untuk memilih pasangan cagub (calon gubernur) dan cawagub (calon wakil gubernur) sesuai dengan pilihannya masing-masing," ucapnya di Salatiga, Jateng, Minggu (20/5/2018).

Dia mengatakan, tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum (Pemilu) baik pemilihan kepala daerah (pilkada) maupun pemilihan legislatif (pileg) menjadi tolak ukur pemahaman masyarakat terhadap demokrasi.

"Apabila partisipasi masyarakat Kota Salatiga pada Pilgub Jateng tinggi, berarti telah melek demokrasi. Itu yang kami harapkan," tukasnya. (Baca: Berebut Suara Nahdliyin di Pilgub Jateng)



Selain itu, Putnawati juga meminta kepada pemilih pemula Pilgub Jawa Tengah 2018 yang belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) untuk segera membuat kartu identitas diri tersebut. Sebab e-KTP merupakan syarat utama untuk menggunakan hak pilih dalam pesta demokrasi yang akan diselenggarakan pada 27 Juni 2018.

"Syarat utama untuk menggunakan hak pilih adalah memiliki e-KTP dan syarat tersebut tidak bisa ditawar. Jadi pemilih pemilih yang tidak memiliki e-KTP atau surat keterangan pengganti e-KTP tidak dapat menggunakan hak pilihnya. Karena itu, kami minta kepada warga yang sudah memiliki hak pilih untuk segera membuat e-KTP," katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Salatiga Sudjit Mudjirno mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar dalam Pilgub Jateng 2018. Masyarakat harus mengenali serta mengetahui misi dan misi masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur agar bisa memilih calon pemimpin yang baik dan bisa memimpin Jawa Tengah lima tahun ke depan.

Disinggung mengenai upaya yang dilakukan KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih Pilgub Jeteng 2018, Sudjit menjelaskan, KPU telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara optimal. Setidaknya ada sekitar 30 golongan masyarakat di Salatiga yang menjadi objek sosialisasi Pilgub Jateng.

"Sosialisasi telah kami lakukan disemua kalangan masyarakat. Dan kami telah melakukan sosialisasi kepada 30 golongan masyarakat di Salatiga," pungkasnya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak