8 Makanan yang Menyebabkan Rambut Rontok, Waspadai Menu yang Digoreng

Jum'at, 26 Januari 2024 - 09:33 WIB
loading...
8 Makanan yang Menyebabkan Rambut Rontok, Waspadai Menu yang Digoreng
Kesehatan rambut bergantung pada apa yang Anda makan. Hentikan kebiasaan makan tak sehat, yang menyebabkan rambut rontok. Foto/ hindustan times
A A A
JAKARTA - Kesehatan rambut sangat bergantung pada apa yang Anda makan. Hentikan kebiasaan makan tidak sehat, yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Seperti kata pepatah, “Kamu adalah apa yang kamu makan”. Ini juga berlaku untuk kesehatan rambut . Saat Anda mengonsumsi makanan, Anda tidak hanya mengenyangkan perut atau memanjakan lidah, juga rambut dan kulit.



Meski terdengar mengejutkan, jika Anda memiliki kebiasaan makan yang tidak sehat, hal itu akan tercermin pada penampilan dan perasaan rambut Anda.

Rambut rontok atau penipisan rambut merupakan masalah umum saat ini akibat gaya hidup yang membosankan, stres berlebihan, dan kebiasaan makan yang tidak sehat. Jika rambut rontok selalu menjadi kekhawatiran Anda, mulailah membuat pilihan makanan yang lebih sehat dan sediakan bahan-bahan bergizi di piring Anda.

Karena makanan menyediakan nutrisi penting untuk berfungsinya tubuh, makanan juga menyediakan nutrisi untuk rambut.

Berikut daftar kebiasaan makanan yang dapat menyebabkan rambut rontok , kata ahli kosmetik dan trikolog Dr Priti Mahire.

Makanan yang Bikin Rambut Rontok

1. Kelebihan vitamin A

Mengonsumsi segala sesuatu secara berlebihan itu buruk, tidak terkecuali vitamin esensial. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan rambut dan mata, tetapi kelebihan vitamin A dapat menyebabkan kerontokan rambut.

2. Konsumsi makanan yang digoreng atau berminyak

Ada hubungan antara lemak yang ditemukan dalam makanan yang digoreng dan peningkatan kadar dihidrotestosteron (DHT) dan testosteron, hormon yang menyebabkan pola kebotakan pada pria dan wanita.

Makanan yang digoreng atau berminyak tidak mengandung lemak sehat yang pada gilirannya berkontribusi terhadap kerontokan rambut. Selain itu, ketika Anda mengonsumsi makanan yang dimasak dengan suhu tinggi, hal itu meningkatkan stres oksidatif dalam tubuh, menyebabkan peradangan yang pada akhirnya menyebabkan rambut rontok.

3. Makanan dengan kadar merkuri tinggi

Beberapa jenis ikan seperti makarel, sushi, ikan todak, dan tuna tertentu mengandung merkuri yang tinggi. Tingkat merkuri yang tinggi dikaitkan dengan rambut rontok. Jadi, perhatikan apa yang Anda makan!

4. Pola makan rendah protein

Protein mengandung asam amino yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Folikel rambut membutuhkan pasokan protein yang konstan agar dapat tumbuh dan berfungsi dengan baik. Kekurangan protein menyebabkan rambut menipis, rambut rontok dan rambut rapuh.

5. Makanan tinggi indeks glikemik

Makanan glisemik tinggi terlalu mudah terurai menjadi gula. Peningkatan gula ini meningkatkan insulin dan androgen dalam tubuh, sehingga berdampak buruk pada kesehatan rambut, kata sang ahli.

6. Makanan kaya gula olahan

Mengonsumsi gula olahan tingkat tinggi menyebabkan peningkatan insulin, yang menyusutkan folikel rambut yang menyebabkan kerontokan rambut dini. Yang terbaik adalah menghindari makanan yang dipanggang dan makanan kemasan sebisa mungkin.

7. Kekurangan zinc dan zat besi

Seng dan zat besi membantu pembentukan keratin, yang penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut. Rendahnya asupan nutrisi tersebut berdampak buruk pada rambut. Seng adalah mineral penting yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kita, dan kita harus mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat melalui kebiasaan makan kita. Ketahui makanan kaya zinc untuk pertumbuhan rambut. Kekurangan zat besi dalam makanan dapat menyebabkan anemia, yang menghambat pasokan nutrisi ke folikel rambut dan mengganggu siklus pertumbuhan rambut.


8. Kekurangan kalsium

Kalsium juga berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kilau rambut. Kekurangan kalsium menyebabkan rambut rontok dan penipisan rambut.

Makanan sehat untuk pertumbuhan rambut
Para ahli merekomendasikan bahwa untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau, Anda harus mengonsumsi makanan, seperti yoghurt, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, telur, kenari, sayuran berdaun hijau, buah jeruk, biji-bijian, kacang tanah dan lentil.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)