alexametrics

Usaha Rumahan Tahu di Kota Batu Meledak, Begini Penuturan Saksi Mata

loading...
Usaha Rumahan Tahu di Kota Batu Meledak, Begini Penuturan Saksi Mata
Tempat usaha rumahan pembuatan tahu di Jalan Raya Wukir X/16 RT 1 RW5, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, meledak. Satu orang korban tewas, empat lainnya mengalami luka berat. Foto/SINDOnews/Yuswantoro
A+ A-
BATU - Tempat usaha rumahan pembuatan tahu di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, meledak, Jumat (18/5/2018) pagi. Ledakannya sangat keras sehingga menyebabkan enam rumah rusak.

Salah satu saksi mata, Rohmah (50) mengaku, saat kejadian sedang berada di dalam rumah. "Saya kaget, tiba-tiba terdengar suara ledakan sangat keras. Ledakannya hanya sekali, terjadi sekitar pukul 09.30 WIB," ujarnya.

Begitu mendengar ledakan, dia langsung berlari keluar rumah. Saat ada di luar rumah, dilihatnya korban yang masih anak-anak berlarian dan menangis kesakitan karena mengalami luka.

Rohmah langsung berteriak meminta pertolongan para tetangga. Korban yang masih selamat, langsung ditolong diantarkan ke rumah sakit. "Kami tidak berani menolong korban yang ada di dalam, karena bangunannya roboh," ungkapnya.

Ledakan yang terjadi sangat kuat. Bahkan, material ledakan berupa kayu, genting, dan pecahan benda tajam berhamburan ke rumah di sekitarnya hingga radius 50 meter. Enam rumah yang berada di sekitar tempat usaha tersebut, ikut mengalami kerusakan parah.

Petugas gabungan dari kepolisian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu dan PMI langsung memberikan pertolongan mengevakuasi para korban. "Korban sudah kami evakuasi ke rumah sakit, baik yang luka berat maupun yang meninggal dunia," ujar Kepala Polsek Batu AKP Arinto Priyo.

Dia mengatakan, selain melakukan evakuasi terhadap para korban, juga dilaksanakan pengamanan tempat kejadian perkara. Petugas kepolisian juga melakukan olah tempat kejadian perkara untuk kepentingan penyelidikan. (Baca juga: Usaha Rumahan Tahu Meledak, 1 Tewas dan 4 Luka Bakar).
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak