5 Sekutu Iran yang Berpotensi Memicu Perang Dunia III

Kamis, 25 Januari 2024 - 14:14 WIB
loading...
5 Sekutu Iran yang Berpotensi Memicu Perang Dunia III
Iran memiliki banyak aliansi yang bisa memicu Perang Dunia III. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Konflik memanas antara Amerika Serikat (AS) dan Iran , sekutu mana yang mungkin terlibat atau tidak, dan mengapa eskalasi ke skenario Perang Dunia III bisa saja terjadi. Itu disebabkan Iran memiliki sekutu yang memilikin senjata nuklir.

Aliansi militer yang dibangun Iran tersebut membuat Iran terus percaya diri membantu kelompok proksinya di berbagai wilayah di Timur Tengah. Tapi, Iran sendiri enggan berperang secara langsung.

5 Sekutu Iran yang Berpotensi Memicu Perang Dunia III

1. Irak dan Milisi Pro-Syiah

5 Sekutu Iran yang Berpotensi Memicu Perang Dunia III

Foto/Reuters

Melansir ABC News, Irak, yang pemerintahannya didominasi oleh Muslim Syiah sejak jatuhnya Saddam Hussein, telah menjalin hubungan diplomatik dan militer yang erat dengan Iran dan AS, namun serangan baru-baru ini di wilayah Irak – yang dipandang sebagai “pelanggaran kedaulatan Irak” – telah merugikan AS. -Hubungan Irak.

Apalagi, Irak mengeluarkan resolusi yang menyerukan pasukan AS untuk mundur dari Irak.

Kelompok milisi Syiah yang setia kepada Iran, termasuk Kataib Hezbollah, yang pemimpinnya Abu Mahdi al-Muhandis terbunuh bersama Jenderal Soleimani, merupakan bagian penting dari militer Irak.

Pekan lalu, unsur-unsur kelompok ini mempelopori serangan terhadap kedutaan AS dan mereka semakin mengancam akan membalas dendam terhadap AS termasuk serangan yang akan terus berlanjut jika mereka tidak menarik diri dari Irak.


2. Hizbullah di Lebanon

5 Sekutu Iran yang Berpotensi Memicu Perang Dunia III

Foto/Reuters

Hizbullah Lebanon, sebuah kelompok politik dan militer yang menguasai wilayah di Lebanon dan memegang posisi di pemerintahan.

Hizbullah telah berjuang bersama Iran di Suriah untuk mendukung sekutu mereka, Pemerintah Assad.

3. Houthi di Yaman dan Hamas di Palestina

Iran juga mendukung pemberontak Houthi, yang menguasai Yaman barat, dan Hamas di Palestina.

4. Rusia

Melansir ABC News, meskipun sekutu-sekutu Syiah Iran memberi mereka jangkauan yang luas secara regional dan sebuah platform di mana mereka dapat melancarkan serangan balas dendam terhadap aset-aset AS dan menekan penarikan diri dari Irak melalui serangan skala kecil, mereka tidak memiliki aliansi yang kuat di negara-negara lain.

Iran dan Rusia telah menjadi sekutu militer dalam konflik di Suriah, Irak dan Afghanistan dan juga berbagi kemitraan ekonomi.

5. China

China juga menyatakan tekadnya untuk "mengembangkan kemitraan strategis komprehensif dengan Iran" ketika ketegangan dengan AS meningkat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)