alexametrics

Ratusan Bungkus Rokok Bodong Tanpa Cukai Disita

loading...
Ratusan Bungkus Rokok Bodong Tanpa Cukai Disita
Petugas Polres Blitar memperlihatkan ratusan bungkus rokok tanpa pita cukai disita. FOTO/SINDOnews/Solichan Arif
A+ A-
BLITAR - Sebanyak 57 slop yang berisi 587 bungkus rokok tanpa pita cukai atau rokok bodong diamankan aparat Polres Blitar. Rokok ini milik Muhammad Duchan Badri (47) warga Desa Sidodadi, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Polisi juga menyita 17 bungkus rokok merek lain.

Muhammad Duchan Badri tak berkutik. Dia hanya bisa pasrah saat petugas tiba-tiba menggeledah tokonya. "Semuanya tidak memiliki pita cukai resmi atau rokok bodong,"ujar Kasubag Humas Polres Blitar AKP Purwadi, Kamis (17/5/2018).

Dalam penggeledahan rokok tak bercukai itu diketahui bermerek Exclusive Pas dan Exclusive Brio. Namun polisi belum mengetahui dimana pasar peredaran terbesarnya. Selain itu juga belum dipastikan sudah berapa lama rokok ilegal ini beredar di masyarakat. Polisi pun masih terus melakukan pemeriksaan.

"Terkait rokok tak bercukai ini, awalnya kami mendapat laporan warga. Dan sampai saat ini kamiĀ  masih melakukan pemeriksaan saksi," ujarĀ  Purwadi.Dia melanjutkan pelaku akan dijerat pasal 54 UU Nomor 39/2007 tentang Cukai. "Jika terbukti bersalah yang bersangkutan terancam hukuman maksimal dua tahun penjara," tegasnya.

Arifin warga Kecamatan Wonodadi menuturkan peredaran rokok bodong atau polos bukanlah kasus baru. Sudah lama rokok ilegal beredar di masyarakat, terutama di desa-desa. "Apakah ini faktor kesengajaan atau karena proses pengurusan pita cukai resmi sulit dilakukan, ini yang perlu dikaji lagi," ujarnya.
(vhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak