Cara Scan Dokumen Menggunakan Google Drive, Mudah dan Cepat

Kamis, 25 Januari 2024 - 11:27 WIB
loading...
Cara Scan Dokumen Menggunakan Google Drive, Mudah dan Cepat
Aplikasi bawaan Google Drive bisa digunakan untuk scan dokumen. (Foto: Toms Guide)
A A A
JAKARTA - Scan dokumen menjadi salah satu ritual yang sering dilakukan, baik bagi para pelajar maupun pekerja. Sayangnya tidak semua orang memiliki aplikasi scanner.

Tapi jangan khawatir karena aplikasi bawaan Google Drive bisa digunakan untuk scan dokumen. Selain itu, juga memiliki kemampuan untuk mencadangkan dokumen ke cloud.

Dengan begitu, pengguna dapat mengakses dokumen-dokumen yang sudah di-scan di seluruh perangkat. Ditambah lagi, ada akses ke semua alat pengeditan yang bisa membuat dokumen terlihat jelas.

Lantas bagaimana cara scan dokumen menggunakan Google Drive? Berikut langkah-langkahnya, dilansir dari Toms Guide pada Kamis (25/1/2024).


1. Buka aplikasi Google Drive


Hal pertama yang perlu dilakukan adalah buka aplikasi Google Drive. Aplikasi ini biasanya sudah terinstal secara otomatis saat menyalakan smartphone Android untuk pertama kali.

2. Klik ikon kamera


Setelah Google Drive terbuka, klik ikon kamera yang berada di sisi kanan, tepat di atas ikon tanda Plus.

3. Bidik kamera ke dokumen untuk melakukan scan


Selanjutnya sejajarkan dokumen dalam bingkai kamera di layar. Pastikan semuanya ada dalam bingkai, dan teks pada halaman jelas dan terang agar apa yang ada di dokumen bisa terbaca.


4. Lakukan scan


Untuk melakukan scan bisa dengan fitur pengambilan otomatis atau juga dengan tombol kamera. Tunggu beberapa detik dan biarkan Google Drive mengambil sendiri dokumen tersebut. Jika hasilnya kurang memuaskan, lakukan scan ulang.

5. Edit sesuai kebutuhan


Setelah discan, Google Drive akan memberi opsi untuk mengedit dokumen sebelum diunggah ke cloud . Ini termasuk mengubah potongan, membersihkan area gambar, dan menambahkan filter.

6. Klik Selesai


Apabila hasil scan sudah sesuai dengan keinginan, klik tombol Selesai yang bisa ditemukan di sudut kanan atas. Nantinya Google Drive akan mengunggah dokumen yang dipindai ke penyimpanan cloud dan dokumen siap diakses.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4644 seconds (0.1#10.140)