Operasional Perdana KA Solo Ekspres, Penumpang Naik Gratis Selama 4 Hari

Kamis, 17 Mei 2018 - 16:46 WIB
Operasional Perdana KA Solo Ekspres, Penumpang Naik Gratis Selama 4 Hari
Operasional Perdana KA Solo Ekspres, Penumpang Naik Gratis Selama 4 Hari
A A A
SOLO - Kereta api (KA) Solo Ekspres rute Solo-Yogyakarta-Kutoarjo resmi beroperasi, Kamis (17/5/2018). Untuk memperkenalkan KA Solo Ekspres sekaligus menarik minat masyarakat menggunakan KA, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggratiskan tiket perjalanan selama empat hari mulai 17-20 Mei 2018.

“KA baru ini menjadi alternatif moda transportasi kereta api bagi warga Solo, Yogya, Kutoarjo dan sekitarnya yang memerlukan waktu tempuh lebih cepat dan lebih nyaman,” ujar Direktur Operasi PT KAI Slamet Suseno Priyanto saat pengoperasian perdana KA Solo Ekspres di Stasiun Balapan, Solo, Jawa Tengah.

Beroperasinya KA Solo Ekspres semakin menambah alternative pilihan masyarakat yang selama ini mengandalkan Ka Prambanan Ekspres (Prameks) dengan rute yang sama. Tiket gratis untuk KA Solo Ekspres akan diberikan kepada 200 penumpang di setiap perjalanannya.

Masyarakat yang ingin menggunakan KA baru dapat naik di stasiun-stasiun pemberhentiannya sesuai jadwal keberangkatan. Yakni Stasiun Balapan, Stasiun Purwosari, Stasiun Klaten, Stasiun Maguwo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Wates, dan Stasiun Kutoarjo.

Satu trainset KA Solo Ekspres dengan jenis KRDE, terdiri dari empat kereta dengan kapasitas total 393 orang penumpang duduk dan berdiri. Selama sekitar dua jam Perjalanan dari Stasiun Balapan ke Stasiun Kutoarjo, penumpang dapat menikmati fasilitas berupa pendingin udara, TV, USB port, dan toilet.

Komisaris Utama PT KAI Suhono mengatakan, KA Solo Ekspres juga mengakomodir penumpang berkebutuhan khusus dengan disediakannya area untuk penumpang berkursi roda di kereta. Masyarakat yang ingin menggunakan KA Solo Ekspres dapat melakukan pembelian tiket di stasiun-stasiun keberangkatan secara go show.

“Untuk perjalanan perdana, PT KAI menyiapkan satu trainset KRDE yang melayani dua perjalanan rute Kutoarjo-Balapan dan dua perjalanan rute Balapan-Kutoarjo,” urai Suhono. Jumlah perjalanan akan ditambah jika satu rangkaian KRDE lainnya sudah siap dioperasikan.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) menegaskan, Kota Solo merupakan salah satu destinasi wisata. Sehingga keberadaan KA Solo Ekspres dapat memberikan keuntungan bagi Kota Solo, Yogyakarta, dan Kutoarjo. “Ini merupakan upaya Pemerintah dalam memberikan transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat,” tandas Rudy.

Setelah masa gratis selama empat hari berakhir, mulai 21 Mei PT KAI akan mulai menerapkan tarif promo Rp40.000 untuk rute Stasiun Kutoarjo-Balapan, serta Rp30.000 untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta, atau Stasiun Yogyakarta-Balapan.

Khusus untuk perjalanan KA pada masa angkutan Lebaran pada 5-26 Juni nanti, tarif naik menjadi Rp60.000 untuk rute Kutoarjo-Balapan, dan Rp45.000 untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta, atau Stasiun Yogyakarta-Balapan.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6083 seconds (0.1#10.140)