Batak Muslim Makin Dinamis dalam Bingkai Islam

Rabu, 16 Mei 2018 - 21:21 WIB
Batak Muslim Makin Dinamis dalam Bingkai Islam
Batak Muslim Makin Dinamis dalam Bingkai Islam
A A A
MEDAN - Bagi etnis manapun juga menanamkan rasa cinta kepada orang tua dan leluhur sangat penting. Begitu juga dengan masyarakat beretnis Batak Muslim.Sementara dalam ajaran agama Islam menghormati orang tua merupakan amaliyah yang dimuliakan.

Ketua Umum Pengurus Pusat Perkumpulan Batak Muslim, Muhammad Husni Fazar Marpaung menjelaskan, kalangan awam mengetahui suku Batak rata-rata beragama non-Muslim. Kenyataanya suku Batak yang beragama Islam jumlahnya sangat banyak.

Dalam siaran pers yang diterima, dia menjelaskan dalam kehidupan keseharian, Batak Muslim memang cenderung mengedepankan aturan Islam dan meninggalkan adat istiadat yang bertentangan dengan ajaran Islam. “Kecenderungan itu justru menyebabkan masyarakat Batak Muslim makin dinamis dan bingkai Islam makin memperindah budaya Batak,” kata dia di Medan, Rabu (16/5/2018)

Dalam konteks itulah pihaknya pada pekan lalu telah menggelar Pekan Budaya Batak Muslim di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Selain memperkenalkan adat istiadat Batak Muslim, acara itu sekaligus mengukuhkan dan memperkenalkan kepegurusan Perkumpulan Batak Muslim periode 2017–2020.

"Kami ingin memperkenalkan budaya Batak berbingkai Islam kepada masyarakat. Ingin memperlihatkan betapa indahnya adat istiadat Batak, bahkan makin menawan dibingkai ajaran Islam,” ujarnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5271 seconds (0.1#10.140)