5 Kelompok Pejuang yang Muncul di Pakistan, Nomor 3 Diduga Dekat dengan Al Qaeda

Selasa, 23 Januari 2024 - 16:45 WIB
loading...
5 Kelompok Pejuang yang Muncul di Pakistan, Nomor 3 Diduga Dekat dengan Al Qaeda
Para pejuang Jaish Al-Adl di Balochistan, Pakistan. Foto/media sosial
A A A
ISLAMBABAD - Terdapat sedikitnya lima kelompok pejuang yang ada di Pakistan. Salah satu yang tengah mencuri perhatian adalah Jaish Al-Adl.

Pada riwayatnya, Pakistan menjadi salah satu negara yang cukup identik dengan konflik bersenjata. Tak hanya karena bermasalah dengan negara tetangga, hal ini juga disebabkan keberadaan kelompok-kelompok pejuang yang seakan tumbuh subur di berbagai wilayahnya.

Masing-masing dari kelompok ini memang punya tujuan sendiri. Namun, tak sedikit juga dari mereka yang diduga memiliki hubungan dekat dengan kelompok pejuang lain di dunia.

Lantas, apa saja kelompok pejuang yang ada di Pakistan? Berikut beberapa di antaranya yang bisa diketahui.

Kelompok Pejuang di Pakistan

1. Jaish Al-Adl


Jaish Al-Adl merupakan salah satu kelompok pejuang di Pakistan. Belakangan, namanya menjadi sorotan setelah menjadi sasaran penyerangan militer Iran.

Mengutip Al Jazeera, Jaish Al-Adl terbentuk sekitar tahun 2012. Para anggotanya sebagian besar terdiri atas eks pejuang Sunni Jundullah.

Lebih jauh, kelompok Jaish Al-Adl memiliki basis di Balochistan, Pakistan. Wilayah tersebut sejak dulu memang dikenal sebagai zona sensitif karena sering memunculkan pemberontakan.

Pada aksi-aksinya, Jaish Al-Adl dianggap bertanggung jawab atas serangkaian penyerangan terhadap pasukan keamanan Iran atau Pakistan.

Hal inilah yang membuat Teheran kemudian mengambil langkah tegas dengan menyerang kelompok tersebut secara langsung, meski di sisi lain juga menimbulkan ketegangan tersendiri dengan Islamabad.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1588 seconds (0.1#10.140)