Gempa Guncang Blora, Warga Berlarian Keluar Rumah

Sabtu, 12 Mei 2018 - 20:26 WIB
Gempa Guncang Blora, Warga Berlarian Keluar Rumah
Gempa Guncang Blora, Warga Berlarian Keluar Rumah
A A A
BLORA - Gempa bumi berkekuatan 3,6 SR mengguncang sebagian wilayah Blora, Jawa Tengah, pada pukul 16.59 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumie episenter terletak pada koordinat 7,01 LS dan 111,28 BT atau tepatnya berlokasi di darat 14 kilometer barat daya Kota Blora pada kedalaman delapan kilometer.

Dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di Ngawen, Tambahrejo, Kunduran, Dersemi, dan Japah dalam skala intensitas II-III MMI. Banyak warga merasakan guncangan gempa ini, bahkan beberapa di antaranya sempat berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Namun demikian, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi yang terjadi.

"Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa ini merupakan gempa dangkal akibat sesar lokal. Jika ditinjau lokasi episenternya, pusat gempa ini lokasinya berada di sebelah utara zona Sesar Kendeng. Namun demikian untuk memastikan sumber gempa pembangkit gempa ini perlu ada kajian lebih lanjut," kata Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, dalam pesan elektronik, Sabtu (12/5/2018).

Gempa ini sangat menarik perhatian, karena selama ini wilayah Kabupaten Blora merupakan zona seismisitas rendah dan sangat jarang terjadi gempa. Gempa ini menjadi informasi penting yang menadai aktifnya zona tektonik di wilayah Blora.

"Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat Blora dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang," pungkasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1254 seconds (0.1#10.140)