Lagi, AS dan Inggris Bombardir Houthi Yaman dengan Rudal Tomahawk

Selasa, 23 Januari 2024 - 07:16 WIB
loading...
Lagi, AS dan Inggris Bombardir Houthi Yaman dengan Rudal Tomahawk
Amerika Serikat dan Inggris kembali membombardir basis-basis kelompok Houthi di Yaman dengan rudal Tomahawk pada Senin malam. Foto/REUTERS
A A A
SANAA - Amerika Serikat (AS) dan Inggris kembali membombardir beberapa lokasi yang digunakan oleh kelompok Houthi di Yaman pada Senin malam. Serangan besar-besaran terbaru ini menggunakan senjata andalan sekutu, yakni rudal Tomahawk.

Menurut para pejabat Washington, rudal-rudal Tomahawk ditembakkan dari kapal perang dan kapal selam dengan target tempat penyimpanan dan peluncur rudal Houthi. Jet tempur juga dikerahkan dalam serangan terbaru ini.

Operasi gabungan ini terjadi sekitar 10 hari setelah kapal perang dan jet tempur AS dan Inggris menyerang lebih dari 60 sasaran di 28 lokasi di Yaman. Itu adalah respons militer AS yang pertama terhadap serangan drone dan rudal Houthi yang terus-menerus terhadap kapal komersial sejak dimulainya perang Israel-Hamas pada 7 Oktober 2023.



Kantor media Houthi mengatakan dalam sebuah pernyataan online bahwa beberapa serangan Amerika dan Inggris menargetkan Ibu Kota Yaman, Sanaa.

Jamal Hassan, seorang warga Sanaa selatan, mengatakan kepada Associated Press (AP) bahwa dua serangan terjadi di dekat rumahnya, sehingga memicu alarm mobil di jalan.

Seorang jurnalis AP di Sanaa juga mendengar pesawat terbang di atas langit Sanaa pada Senin malam.

Rentetan serangan terbaru sekutu ini menyusul serangan yang hampir setiap hari terhadap peluncur rudal Houthi oleh jet tempur AS dan rudal Tomahawk yang berbasis kapal selama seminggu terakhir.

Misi cepat tanggap tersebut, yang menurut para pejabat AS bertujuan mengejar peluncur yang dipersenjatai dan siap menembak, menunjukkan peningkatan kemampuan militer sekutu dalam mengawasi, mendeteksi dan menyerang aktivitas kelompok militan di Yaman.

Gelombang kekacauan serangan dan pembalasan yang melibatkan Amerika Serikat, sekutu dan musuhnya menunjukkan bahwa serangan balasan tersebut tidak menghalangi kelompok Houthi dalam kampanye mereka melawan kapal-kapal kargo di Laut Merah, dan bahwa perang regional yang lebih luas yang telah coba dihindari oleh AS selama berbulan-bulan menjadi lebih dekat dengan kenyataan.

Selama berbulan-bulan, kelompok Houthi telah menyerang kapal-kapal di perairan di wilayah tersebut yang menurut mereka terkait dengan Israel atau menuju pelabuhan Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0878 seconds (0.1#10.140)