Doa Kehamilan 7 Bulan Menurut Islam

Senin, 22 Januari 2024 - 14:53 WIB
loading...
Doa Kehamilan 7 Bulan Menurut Islam
Ada doa-doa kehamilan 7 bulan yang dianjurkan dibaca para calon ibu yang sedang hamil. Doa-doa ini intinya untuk memohon perlindungan agar janin yang dikandung sehat dan lahir dengan sempurna. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ada doa-doa kehamilan 7 bulan yang dianjurkan dibaca para calon ibu yang sedang hamil. Doa-doa ini intinya untuk memohon perlindungan agar janin yang dikandung sehat dan lahir dengan sempurna.

Kehamilan 7 bulan, biasannya di Indonesia dikenal sebagai tradisi tujuh bulanan atau tingkeban. Tradisi tingkeban tersebut, umumnya dilakukan dengan berkumpul sambil membaca doa agar ibu hamil yang sudah masuk 7 bulan masa kehamilannya dan janin yang dikandungnya selamat.

Dirangkum dari buku 'Doa dan Dzikir Mustajab untuk Ibu Hamil dan Menyusui,' oleh Ummu Azzam (2012), berikut kumpulan doa yang bisa diamalkan ibu hamil saat usia kandungan memasuki bulan ketujuh.

Doa 1

Doa ini diambil dari Surat Ar Ra’d ayat 8. Disarankan dibaca agar ibu hamil dan janinnya diberi kesehatan sehingga terhindar dari keguguran.

ٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَحْمِلُ كُلُّ أُنثَىٰ وَمَا تَغِيضُ ٱلْأَرْحَامُ وَمَا تَزْدَادُ ۖ وَكُلُّ شَىْءٍ عِندَهُۥ بِمِقْدَارٍ


Allahu ya’lamu maa tahmilu kullu unsya wa maa taghiiydul arhaa mu wa maa taz daa du wa kullu syaiin ‘indahu bimiqdarina.

Artinya: Allah mengetahui apa yang dikandung setiap perempuan dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang berkembang. Sesungguhnya segala sesuatu ada pada sisi-Nya dan ada ukurannya.

Doa 2

Doa ini dibaca agar janin yang dikandung menjadi anak yang saleh dan taat kepada Allah.

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ


Robbi habliiy milla dunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii'ud du'a'i

Artinya: Ya Tuhan, karuniakanlah kepadaku keturunan yang baik dari sisi Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.

Atau bisa juga membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِي الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ


Allahumma faqqihhu fid diini wa 'allimhutta'wiil

Artinya: Ya Allah, berikanlah kepahaman bagi anakku dalam agama dan ajarkanlah dia ta'wil.

Doa 3

Doa ini dibaca agar anggota tubuh janin yang dikandung bisa lahir dengan sempurna tanpa ada cacat

اَللَّهَمَّ احْفَظْ وَلَدِيْ مَا دَامَ فِيْ بَطْنِيْ وَاشْفِهِ أَنْتِ الشَّافِيْ لاَ شِفَاءَ إِلاَّشِفَاؤُكَ
اَللَّهُمَّ صَوِّرْهُ فِيْ بَطْنِيْ صُوْرَةً حَسَنَةًوَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا


Allaahummahfazh waladii maa daama fii bathnii, wasyfihii antas syaafii laa syifaa-a illaa syifaa-uka syifaa-an laa yughoodiru saqoman. Alaahumma showwirhu fii bathnii shuurotan hasanatan wa tsabbit qolbahuu iimaanan bika wa bi rosuulika

Artinya : Ya Allah, peliharalah anakku selama berada dalam kandunganku dan sehatkanlah dia, sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Menyehatkan. Ya Allah, bentuklah dia di dalam rahimku dengan bentuk yang bagus dan tetapkanlah hatinya untuk beriman kepada-Mu dan kepada rasul-Mu.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)